Beranda Maluku Utara Buka Rakerda 2018, Wali Kota Berharap Hasilkan Program yang Kredibel, Realistis dan...

Buka Rakerda 2018, Wali Kota Berharap Hasilkan Program yang Kredibel, Realistis dan Berkualitas

597
0

TIDORE KEPULAUAN – Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, Rabu (21/11), resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2018 Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang dipusatkan di Aula Sultan Nuku, Kantor Walikota. Rakerda yang diselenggarakan selama dua hari ini mengusung tema “Wujudkan Pelayanan Dasar Berkualitas, Sebagai Energi Gerak Perubahan Daerah”.

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim mengatakan Rakerda merupakan forum sangat penting untuk mengevaluasi seluruh pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Rakerda ditahun 2018 ini, menjadi momentum strategis untuk membangun konsolidasi Pemda dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan pembangunan ditahun-tahun selanjutnya, sekaligus memastikan pelayanan dasar telah menjangkau seluruh wilayah Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Rakerda hari ini merupakan rapat kerja daerah ke-3 dalam kepemimpinan Saya bersama Wakil Walikota. Tentu ditahun ini kami berharap dapat menghasilkan program yang kredibel, realistis dan berkualitas terkait penyusunan RAPBD tahun 2019 serta mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Tantangan dan perubahan yang cepat dan sangat dinamis saat ini membutuhkan kreatifitas dan inovasi kita dalam penyelenggaraan pemerintahan. “Oleh karena itu, Saya meminta semua pihak untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi, meningkatkan inovasi dan mendorong pelayanan yang mudah, murah dan cepat. Inovasi yang telah dan akan kita lakukan diharapkan dapat mendukung pelayanan yang optimal serta menimbulkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,” kata wali kota.

Sementara laporan Ketua Panitia penyelenggara Rakerda Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018, Ummy Abdurrasyid menjelaskan tujuan diselenggarakan Rakerda, yaitu memastikan progress sesuai arah pembangunan RPJMD di tahun 2018, memastikan pelaksanaan pelayanan dasar telah menyentuh seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Selain itu, Penguatan persepsi dan gerak langkah aparatur pemerintah Daerah, sehingga penyelenggaraan program dan kegiatan disetiap perangkat daerah dapat terlaksana dengan maksimal dan tepat waktu, membangun konsolidasi sektoral melalui koordinasi dan komunikasi yang efektif antar SKPD maupun dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa, baik secara formal maupun informal untuk slaing memberi solusi terbaik dalam setiap permasalahan dan kesulitan yang dihadapi.

Materi dalam Rakerda ini meliputi ceramah umum “Mendorong Pemerataan Ekonomi Nasional Dan Percepatan Pembangunan Di Daerah Kepulauan” oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Letjen TNI (Mar). Purn. Nono Sampono dan ceramah umum “Kebijakan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi tentang Pemberdayaan Masyarakat” oleh Sesditjen Pengembangan kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia Ir. Arif Pribadi.

Turut hadir dalam Rakerda tahun 2018, Anggota DPD RI, Abdurrahman Lahabato, Basri Salama, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kota Tidore Kepulauan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan, Jojau Kesultanan Tidore, Forkopimda, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Staf Ahli, Asisten Sekda, Pimpinan SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa Se-Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan BUMD Aman Mandiri, PDAM dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Kota Tidore Kepulauan. (Hms/SS)