Beranda Maluku Utara Rakerda Kota Tidore Resmi Ditutup

Rakerda Kota Tidore Resmi Ditutup

577
0

TIDORE KEPULAUAN – Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ir. H. Thamrin Fabanyo. M.TP menutup dengan resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 21-22 Oktober 2018 di Aula Nuku Rabu, (22/10) sore.

Dalam sambutannya Thamrin Fabanyo mengatakan bahwa Kegiatan Rakerda hanyalah sarana untuk mencapai tujuan utama yaitu perbaikan kualitas penyelenggaraan Pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Thamrin mengingatkan kepada seluruh Perangkat Daerah, Camat, Lurah Dan Kepala Desa, agar dapat bekerja secara konsisten, terukur, profesional, saling sinergi, mengedepankan Inovasi, serta menjunjung tinggi kejujuran. Mengenali persoalan-persoalan dasar masyarakat, dan merubahnya menjadi solusi.

“Keberhasilan pembangunan dan sederatan prestasi Pemerintah Daerah yang telah kita raih bersama, jangan membuat kita terlena, lengah dan berpuas diri. Banyak tugas yang harus diselesaikan, banyak harapan yang harus segera dicapai. Karenanya, bekerjalah dengan hati yang ikhlas dan jujur,” tutur Thamrin.

Dikatakan, Pemerintah Daerah harus terus memastikan akses terhadap pendidikan, kesehatan, perumahan, air minum, sanitasi, serta keamanan ketertiban menjadi persoalan fundamental yang perlu mendapat perhatian serius. Untuk itu disampaikan beberapa hal yang diharapkan menjadi perhatian bersama yaitu peningkatan kualitas dan mutu pelayanan dasar,. Meminimalisir terjadinya ketimpangan akses layanan dasar pada kelompok masyarakat dan antar wilayah, Meningkatkan koordinasi lintas sektor dalam penyediaan layanan dasar berkualitas, Meningkatkan kualitas SDM untuk penyediaan pelayanan dasar, Mendorong partisipasi masyarakat, dan Meningkatkan efektifitas dan efisiensi tata kelola penyelenggaraan pelayanan dasar.

Sementara hasil Rekomendasi Rakerda yang disampaikan Tim Perumus yang diwakili oleh Camat Oba Tengah Rudi Ipaenin, mengatakan bahwa berdasarkan penyampaian laporan realisasi pencapaian kinerja program dan kegiatan prioritas Tahun anggaran 2018 oleh SKPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD serta mengacu kepada Pokok-pokok pikiran serta arahan Walikota, Wakil Walikota Tidore, Sekretaris Daerah dan Anggota Forkompinda serta usulan dari para Camat, Lurah dan Kepala Desa maupun saran masukan dan tanggapan yang berkembang dalam Rakerda maka disampaikan 19 rekomendasi hasil rumusan dari Rapat Kerja Daerah yang sudah dibuat dan diserahkan kepada Sekretaris Daerah dan disampaikan Kepada Bapak Walikota dan Wakil Walikota agar rekomendasi yang dihasilkan dapat diperhatikan dan ditindak lanjuti agar menjadi bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan Pemerintah Daerah pada Tahun Anggaran 2019. (Hms/SS)