Beranda Maluku Utara Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kapolda Malut Launching Inovasi Non IT Dit Samapta Polda

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kapolda Malut Launching Inovasi Non IT Dit Samapta Polda

668
0
Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc. Eng, saat melaunching Inovasi Non IT Dit Samapta Polda

TERNATE – Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc. Eng, secara resmi melaunching tiga progam unggulan yang merupakan Inovasi Non IT Direktorat Samapta Polda Maluku Utara di Landmark Kota Ternate, Minggu (25/11/18).

Tiga program unggulan Dit Samapta Polda Malut tersebut yaitu Hallo Sahabat Bhayangkara, Polwan Simpatik Berwibawa dan Humanis (WSW Manis) dan Bhayangkara Siaga.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakapolda Maluku Utara, Kasi Pers Korem 152/ Babullah, Perwakilan Lanal Ternate, Walikota Ternate, Para Pejabat Utama Polda Malut, Kapolres Ternate, Duta Se-Kota Ternate, Para Guru Pembimbing Kesiswaan Kota Ternate, Para Tokoh Agama Kota Ternate, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Ojek Kota Ternate.

Launcing Inovasi tersebut ditandai dengan pemasangan selempang “Polisi Sahabat Bhayangkara” oleh Kapolda Maluku Utara kepada Polwan Dit Samapta Polda Malut serta penyerahan HP Hallo Sahabat Bhayangkara kepada Direktur Samapta Kombes Pol. Iwan Imam Susilo, S.I.K. M.H.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Samapta Polda Malut Iwan Imam Susilo meyampaikan bahwa tujuan dari program ini untuk membangun kepercayan kepada masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya personil Dit Samapta Polda Maluku Utara mampu bersinergi dengan masyarakat.

Program Hallo Sahabat Bhayangkara ini, sudah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu dan kini ditingkatkan dengan program WSW Manis dengan lima kegiatan yaitu wsw manis sahabat anak, wsw manis go to school, share to care bersama wsw manis dan wsw manis menyapa, yang semua kegiatan tersebut diarahkan untuk membangun komunikasi dua arah yang intensif antara Polri dalam hal ini Dit Samapta Polda Malut khususnya Polwan WSW dengan masyarakat.

“Dari komunikasi tersebut kami menggunakan media sosial yang ada dan membentuk satu group whatsapp antara Polri dengan Masyarakat dan every time 24 jam, Dit Samapta Polda Malut menyiapkan siaga samapta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Dir Samapta.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc., E.ng., dalam sambutannya mengatakan Dit Samapta Polda Malut dengan inovasi non IT yakni Hallo Sahabat Bhayangkara, WSW Manis dan Bhayangkara Siaga. Ketiga program tersebut merupakan inovasi Dit Samapta Polda Malut dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Program kegiatan Hallo Sahabat Bhayangkara merupakan inovasi dari kegiatan patroli dialogis, yang ditingkatkan dan di arahkan untuk membentuk group jejaring sosial, sehingga akan terbangun komunikasi dan informasi dua arah antara masyarakat dan personil Sabhara di lapangan, sehingga berbagai permasalahan dan keluhan di masyarakat dapat tertangani secara cepat,” ujar Kapolda Malut.

Lanjut Jenderal Bintang satu, program WSW manis merupakan pengembangan dari Hallo Sahabat Bhayangkara yang dilaksanakan oleh Polwan, dalam melaksnakan patroli secara simpatik berwibawa dan humanis.

Sementara program Siaga Bhayangkara merupakan tindak lanjut dari program Sahabat Bhayangkara dan WSW manis, dengan mempersiapkan personil piket dan operator yang selalu memonitor kegiatan masyarakat selam 24 jam, dan yang nantinya akan diteruskan ke personil Dit Samapta dilapangan untuk di tindak lanjuti secara cepat, tanggap, simpatik dan humanis.

“ketiga program ini selaras dengan kebijakan Bapak Kapolri, yaitu profesional, modern dan terpercaya sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan public trust (kepercayaan publik) terhadap Polri,” tandas Kapolda Malut.(RLS/HI)