Beranda Maluku Utara PAUD Hi Achmad Syukur Gelar Kegiatan Sosialisasi Literasi Keluarga

PAUD Hi Achmad Syukur Gelar Kegiatan Sosialisasi Literasi Keluarga

414
0
BAGIKAN

MOROTAI – Untuk menindaklanjuti program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Senin (26/11) lalu, bertempat di balai Desa Daruba kecamatan Morotai Selatan, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hi Achamad Syukur mengelar kegiatan Sosialsasi Literasi Keluarga, dihadiri oleh seluruh orang tua murid, dan Kadikbud Morotai, F. Revi Dara sebagai pematerinya.

Pengelola PAUD Hi Achmad Syukur desa Daruba, Waode Salmatia Alimu, S.Pd menjelaskan, ”Tujuan dari kegiatan sosialisasi literasi keluarga ini, yang pertama memperkenalkan literasi keluarga orang tua, ke dua memberikan pemahaman kepada orang tua, sejauh mana peran orang tua dalam menumbuhkan minat baca anak, dan yang ke tiga memberikan pengertian kepada orang tua mengapa membaca perlu dilakukan. Sehingga pengembangan kegiatan literasi keluarga di lembaga PAUD dapat memmberantas keaksaraan sejak usia dini dan kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu upayah pemerintah daerah dalam memberantas keaksaraan,” ucap Waode, kepada media ini.

Lanjut dia, “Selain kegiatan tersebut, kami juga melakukan sejumlah kegiatan lainya, yakni kegiatan membacakan buku kepada anak yang dilakukan oleh orang tua murid selama 10 menit, baik di rumah maupun di sekolah, dengan bentuk pohok baca. Dan setelah itu kami juga mengunjungi setiap rumah anak PAUD untuk melihat aktifitas pojok baca di rumah,” terangnya.

Dirinya lantas berharap, agar kedepan program literasi keluarga ini di dapat dilakukan di semua lembaga PAUD yang di pulau Morotai, dan pihaknya juga berharap kepada Pemda Morotai agar dapat membuat satu unit bangunan perpustakaan buku khusus untuk anak PAUD.

 

”Karena sejauh ini kami sangat kekurangan buku PAUD,” kisahnya.
Diketahui bahwa, kegiatan literasi keluarga ini baru pertama kali dilakukan oleh dua lembaga PAUD di Morotai, yakni PAUD Getsemani dan PAUD Hi Achmad Syukur, dan kegiatan ini, setiap tahun dilakukan disetiap daerah yang ada di seluruh Indonesia. (Ical)