Beranda Halmahera Selatan Akibat Gempa, PLN Terapkan Pemadaman Bergilir

Akibat Gempa, PLN Terapkan Pemadaman Bergilir

543
0
Kepala PT PLN Persero ULP Bacan, Wardani.

LABUHA – Gempa berkekuatan 5.2 Skala Richter (SK) yang menguncang Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada 5 Januari 2019 kemarin mengakibatkan salah satu stavol milik PLN di Desa Hidayat hangus, sehingga terjadi pemadaman di beberapa desa. Hal ini disampaikan Kepala PT PLN Persero ULP Bacan, Wardani, saat diwawancarai diruang kerjanya. Selasa, (08/01/19).

“Gempa yang terjadi pada siang hari itu sistem kami masih stabil, namun di saat Gempa susulan dengan kekuatan 5.2 SR yang terjadi pada pukul 18.00 WIT, mengakibatkan salah satu stavol di Desa Hidayat hangus, sehingga kami harus memadamkan sebagian aliran listik,” jelasnya.

Namun menurutnya, saat ini stavol di Desa Hidayat sudah diperbaiki oleh pihak PLN pada hari Minggu kemarin, dan sudah kembali normal sehingga tidak ada lagi pemadaman.

Sebelum terjadi Gempa di Wilayah Kabupaten Halsel, Kepala PLN juga mengatakan bahwa mesin PLN sudah mengalami gangguan yang diakibatkan oleh cuaca buruk yang terjadi dibagian Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halsel, sehingga ada 10 tiang listrik di Desa Tabangame yang roboh.

“Karena angin kencang, mengakibatkan pohon kelapa menghantam tiang listrik dan kabel yang mengakibatkan sistem kami mengalami ganguan dan terputus. Selain Tabangame, di Desa Silang juga mengalami hal yang sama,” ungkapnya.

Dari kejadian tersebut lanjutnya, karena arus gangguannya cukup tinggi sehingga menghantam salah satu unit mesin PLN. Jadinya salah satu unit mesin mengalami gangguan, yang tadinya kemampuan daya awal sebesar 5.200 KW, turun menjadi 4.700 KW, karena adanya kerusakan ini sehingga harus keluar 500 KW. Sedangkan beban puncak sebesar 4.900 KW, jadi mau tidak mau harus padam 200 KW, yang mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir dibeberapa desa.

“Pemadaman tidak lama durasinya sekitar 3 sampai 4 jam saja tergantung kondisi, kami akan tetap meminimalisir sampai bisa kembali normal,” ujar Dani.

Dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang menunggu salah satu alat mesin sparepart yang dipesan dari Surabaya datang besok paling cepat, sehingga dapat diperbaiki. Ia juga berharap kepada Masyarakat agar sama-sama bisa menjaga ketenagakerjaan listrik yang ada ini, caranya dengan adanya saling pengertian.

“Kepada Masyarakat kami berharap jika ada tanaman yang menghalangi jaringan listrik, setidaknya dapat diikhlaskan untuk dipangkas, karena itu salah satu kendala yang mengakibatkan gangguan pada sistemnya kami,” harap Wardani.

Untuk saat ini pihak PLN akan berusaha memearbaiki alat kerusakan mesin untuk beberapa hari kedepan, sampai Listrik kembali normal, olehnya itu dilakukan pemadaman listrik secara bergilir.

Adapun jadwal pemadaman Listrik bergilir yang akan dilakukukan PT PLN Persero ULP Bacan, mulai pada tanggal 8 Januari 2019, pada pukul 18.00 s/d 22.00 WIT terjadi di Desa Tawa, Songa, Tabajaya, Wayaua, Tabangame, Bibinoi, Tabapoma dan Tutupa. Dan pada tanggal 9 Januari, di Desa Amasing Goro, Awanggo, Indomut, Belang-Belang, Sumae, Kaputusang. Sedangkan ditanggal 10 Januari, di Desa Pasar Baru. Tanggal 11 Januari, Perusahan Ikan Panamboang. Tanggal 12 Januari, Jalan AYW. Kemudian pada tanggal 13 Januari, di Kampung Makian. (Raja)