Beranda Maluku Utara  Maret 2019, Kegiatan STQ Tingkat Kabupaten Dimulai 

 Maret 2019, Kegiatan STQ Tingkat Kabupaten Dimulai 

458
0
BAGIKAN

MOROTAI – Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai, Selasa (19/2) bertempat di ruangan Wakil Bupatu Morotai, menggelar rapat terkait dengan kesiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten tahun 2019, yang akan digelar pada tanggal 5-12 Maret mendatang di taman kota daruba Kecamatan Morotai Selatan (Morsel).

Acara rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Pulau Morotai Hi. Asrun Padoma, didampingi Asisten II Alexsander Wermasubun, Asisten III Ida Arsad, dan dihadiri oleh Plt Kabag Kesra Sahril Totona, Kepala Kemenag Morotai Qubais Baba, para Camat, Tokoh Agama serta para panitia pelaksana kegiatan STQ.

Plt Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pulau Morotai Sahril Totona, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, ”Pelaksanaan STQ tahun 2019 ini di Kabupaten Pulau Morotai hanya terdapat dua mata lomba yang difokuskan. Namun, kami juga akan menyiapkam sejumlah mata lomba lain yang bakal di ikut sertakan pada saat pelaksanaan STQ nanti,” ucapnya.

Dijelaskan, ”Dua mata lomba yang menjadi fokus itu, yakni lomba Tilawatil Qur’an tingkat anak-anak dan Umum, kemudian Hafalan Qur’an mulai dari 1 juz hingga 30 Juz. Sementara untuk sejumlah mata lomba yang ditambahkan itu, diantaranya Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an tingkat anak-anak, kemudian Syarhil Qur’an tingkat remaja, Fahmil Qur’an, kemudian Hattil Qur’an, dan di tambah dengan Qasida grup maupun perorangan,” terangnya.

Menurutnya, ”Rencana pelaksanaan STQ di tanggal 5 Maret 2019 itu, karena pihaknya sudah berkoordinasi dengan dewan hakim (Juri) dari provinsi, dan mereka menyetujui. Sehingga bisa di sesuai dengan jadwal di Kabupaten lainnya. Jadi kegiatan STQ yang dilaksanakan itu selama 1 minggu, mulai tanggal 5 sampai 12 Maret nanti,” cetusnya.

Disentil terkait dengan besaran anggaran yang disiapkan dalam pelaksanaan kegiatan STQ beserta hadia untuk para pemenang di masing-masing bidang mata lomba. Dirinya mengatakan bahwa, untuk anggaran kegiatan belum bisa di pastikan berapa besarannya. Namun kata dia, dari anggaran itu cukup untuk mendukung kegiatan yang akan berlangsung, “Karena hadiahnya kami akan sesuaikan,” tandasnya. (Ical)