Beranda Halmahera Barat Jelang Pemilu 2019 Polres Halbar Diskusi Publik Bersama Wartawan 

Jelang Pemilu 2019 Polres Halbar Diskusi Publik Bersama Wartawan 

223
0
BAGIKAN

JAILOLO – Menjelang Pemilihan Umum 2019 Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Barat menggelar diskusi publik bersama Wartawan Halbar dengan tema, ” Peran Pers dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk,” di warung kopi Barokah Desa Soakonora Kecamatan Jailolo Jumat malam (22/02/).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kapolres Halbar AKBP DENY HERYANTO SIK, M.si, Kasat Intelkam Res Halbar AKP Hendri Landau, Kasie Humas Res Halbar IPTU Stevanus Supratmoko, KBO Intel Misbakhul Munir SH dan Para Wartawan yang berada di Halbar brserta anggota Sat intelkam.

Kapolres Halbar Deny Heryanto dalam penyampayaian menyatakan bahwa keberadaan wartawan juga sebagai kontrol sosial untuk mengontrol isu-isu yang berkembang di masyarakat karena masyarakat ada yang belum paham sejauh mana kebenaran pemberitaan seperti di media online.

Deny menambahkan, jika para jurnalis ada yang menemukan berupa dugaan pelanggaran yang terjadi dalam kampanye Pemilu 2019 nanti yaitu pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) maka segera melaporkan ke pihak yang berwenang dalam hal ini Polres Halmahera Barat agar supaya adanya tindak lanjut serta dapat saling tukar informasi antara pers dan kepolisian.

Salah satu wartawan Media cetak Fajar Malut Iin Afriyanti, juga mengatakan bahwa seandainya para jurnalis dalam melakukan peliputan Pemilu terus ada ancaman berupa intimidasi terhadap wartawan apakah ada berupa perlindungan serta jaminan keselamatan dari pihak Polres Halbar.

“Karena kami juga mengharapkan perlindungan dari pihak kepolisian  disaat peliputan berupa kecurangan yang terjadi pada Pemilu nanti,” kata iin.

Menanggapi hal itu, Kasubag Umum Polres Halbar Stevanus Supratmoko mengatakan bahwa, “Yang paling utama keselamatan diri yang kami prioritaskan dan kami ketahui juga, bahwa jika wartawan ingin masuk pada situasi konflik maka petugas kepolisian harus melihat kondisi yang terjadi dan membatasi wartawan untuk masuk pada situasi konflik tersebut l,  jika situasi terlihat tidak memungkinkan maka kami akan melarang wartawan untuk memasuki situasi tersebut,” jelasnya.

Kasat intel Hendri, juga menambahkan teman-teman Pers juga harus turut membantu pihak Polres Halbar terutama dalam pemberitaan yang berimbang supaya dapat menangkal berita-berita hoax dan ujaran kebencian. (UK)