Beranda Halmahera Barat KPUD Halbar Melakukan Pagelaran Kreasi Pentas Seni Kepada Pemilih Pemula

KPUD Halbar Melakukan Pagelaran Kreasi Pentas Seni Kepada Pemilih Pemula

328
0
BAGIKAN

JAILOLO – Komisi pemilihan umum Kabupaten Halmahera Barat melakukan kegiatan dalam rangka pelaksanaan, pagelaran lomba kreasi pentas seni untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat Halbar, dalam penyenggaraan pemilihan umum tahun 2019 dengan tema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat”. Pada Rabu malam (27/02) bertempat di lokasi FTJ Kecamatan Jailolo.

Ketua KPUD Halbar  yang diwakili oleh Sekertarisnya  Rusdi Yaman dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosilisasi pemilih pada pemilihan umum tahun 2019, yakni sosilisasi kepada masyarakat umum Kabupaten Halbar termasuk pemilih pemula,sehingga pemilu menjadi indikator sebuah negara demokrasi. Karena Pemilu memberikan sebuah momentum kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih, karena masyarakatlah yang akan menentukan pilihan 5 tahun kedepan.

“Pemilih menjadi indikator dalam menentukan sebuah negara demokrasi atau tidak, karena pemilu memberikan sebuah momentum kepada masyarakat untuk menentukan arah perkembangan sebuah negara, sehingga pada Pemilu masyarakat dapat memilih pemimpin dan menentukan siapa yang akan memimpin sebuah negara atau akan menduduki  kursi parlemen di tahun 2019 nanti, untuk itu momentum Pemilu juga membutuhkan sebuah pemaksimalan partisipasi masyarakat,” kata Rusli.

Lanjutnya, “Tanpa ada pemaksimalan partisipasi masyarakat, maka Pemilu hanya akan menjadi instrumen formal dan indikator penilaian demokrasi tanpa adanya subtansi, dengan demikian partisipasi masyarakat dalam proses penyelenggaraan Pemilu harus terus ditingkatkan,” tandasnya. (UK)