Beranda Maluku Utara SS  Tiba di Gudang Logistik KPU Morotai

SS  Tiba di Gudang Logistik KPU Morotai

242
0
BAGIKAN
Surat suara untuk Pemilu serentak 2019 tiba di Kabupaten Morotai.

MOROTAI – Surat suara (SS) untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, Rabu (27/3) sudah tiba di Pulau Morotai mengunakan KM Feri Ngafi di pelabuhan feri Desa Juanga kecamatan Morotai Selatan (Morsel).

Jumlah total SS yang sudah masuk di Glgudang logistik milik KPU Morotai di Desa Pandanga itu sebanyak 242.756 SS atau 92 Koli. Jenis SS yang masuk ini ada lima SD yakni, SS Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulau Morotai, Saima Nuang mengatakan, ”SS yang datang ini langsung di bawa ke gudang logistik KPU, dan akan diberikan pengaman ketat oleh pihak kepolisian. Dan hari ini juga langsung di sortir. Hari ini juga kami akan lipat sampai satu minggu kedepan. Karena kalau sortir dulu baru lipat dengan rens waktu yang tersedia ini sudah tidak cukup, jadi begitu sortir langsung lipat,” ucap Ketua, saat dikonfirmasi media ini di gudang logistik KPU.

Dijelaskan, ”Soal pendistribusian surat suara ke kecamatan, kata Saima, dilakukan pada 10-13 April 2019 mendatang. Ini sekalian dengan bilik kotak suara dan kelengkapan TPS. Jadi sebelum didistribusikan dari gudang ini kita sudah pak per TPS. Nanti setelah di PPK di sortir lagi baru didistribusi ke desa-desa sesuai dengan jumlah TPS yang ada di desa,” terangnya.

Menurutnya, ”Jumlah yang masuk ini sesuai dengan jumlah DPT di Morotai yaitu sebanyak 47.010 x 2 persen, dua persen kan berarti 6000. Jadi sekitar 30 ribu lembar diperuntukkan Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten,” katanya.

Diketahui bahwa, jumlah rekapan SS yang masuk ini dengan rincian sama, mulai dari SS Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten kota masing-masing mendapatkan SS sebanyak 47.951 lembar. (Ical)