Beranda Maluku Utara Kunjungi Morotai, Dubes AS Siap Dukung Industri Perikanan dan Pariwisata 

Kunjungi Morotai, Dubes AS Siap Dukung Industri Perikanan dan Pariwisata 

382
0
BAGIKAN
Kunjungan Duta besar Amerika Serikat (Dubes AS) Joseph R Donovan JR di Morotai disambut Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

MOROTAI – Duta besar Amerika Serikat (Dubes AS) Joseph R Donovan JR, bersama rombongannya, Senin (1/4) melakukan kunjungan kerja (Kuker) di Kabupaten Pulau Morotai, yang dikenal sebagai tempat sejarah Perang Dunia Ke II.

Jumpa pers dengan Duta besar Amerika Serikat (Dubes AS) Joseph R Donovan JR.

Tujuan Kuker Dubes AS Joseph R Donovan JR ke Morotai ini, dalam rangka memperingati dan merayakan ulang tahun yang ke-70 tahun hubungan diplomatis antara Indonesia dan AS.

Hal ini diungkapkan oleh Dubes AS melalui juru bicaranya ketika digelar konferensi pers di Museum Trikora Perang Dunia ke II, yang terletak di desa Wawama Kecamatan Morsel.

Dubes AS Joseph R Donovan JR, di sela-sela konferensi pers mengatakan, ”Kehadiran saya di Pulau Morotai ini bagian dari memperingati HUT ke 70 antara Indonesia dan AS. Saya hadir disini mengunjungi Morotai sebagai bagian dari peringatan tersebut dan juga untuk memperingati dan mengenang pertempuran Morotai yang terjadi 75 tahun yang lalu. Yang anda lihat AS dan Indonesia memiliki ikatan, di tempat yang kita berdiri ini ribuan sekutu mendarat di pantai ini pada tanggal 15 September 1944, kemudian mereka mendirikan landasan udara penting di daerah Daruba,” ucapnya.

Lanjutnya, “Dalam kunjungan ini kami sangat senang, karena dapat berkeliling museum Trikora, sebab dalam kunjungannya dapat belajar banyak mengenai pasukan-pasukan di Morotai 75 tahun yang lalu. AS bangga bisa bermitra dan membangun hubungan diplomatis bersama Indonesia dan membangun kemitraan strategis yang dibangun atas fondasi nilai-nilai demokratis yang sama dan kepentingan yang sama. Yang pertama sangat berkesan, yang kedua saya lebih memahami lagi dan lebih tergambar lagi sejarah yang kita miliki bersama,” tuturnya.

Menurutnya, ”Kunjungannya ke Pulau Morotai itu bukan hanya mempelajari dan mengetahui soal sejarah, akan tetapi kunjungannya itu adalah mengunjungi kawasan kelautan dan perikanan di Pulau Morotai. Tidak hanya tentang sejarah tapi hendaknya kita menatap kedepan juga, itulah sebabnya salah satu kunjungan saya kesini adalah saya ingin juga mengunjungi kawasan kelautan yang dilindungi yang ada di Morotai, maka dengan kunjungan ini kita bisa mendukung industri perikanan dan industri pariwisata di Morotai,” katanya.

Diketahui bahwa, kunjungan Dubes AS bersama rombongannya di Morotai itu selama tiga hari ke depan, dan hari mereka sudah mengunjungi sejumlah tempat, yakni Museum Trikora Perang Dunia ke II, Lokasi Army Dock dan bangunan Sentral Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Sementara besok akan dilakukan pertemuan dengan masyarakat di Desa Galo-galo, kemudian dilanjutkan pertemuan bersama komunitas diving, sementara di hari Rabu tanggal 3 April mereka berkunjung di Musium Swadaya di Desa Totodoku. (Ical)