Beranda Maluku Utara  DPMD Gelar Kegiatan Pelatihan Pengurus BUMDes di Morotai

 DPMD Gelar Kegiatan Pelatihan Pengurus BUMDes di Morotai

373
0
BAGIKAN

MOROTAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Selasa (23/4) bertempat di ruang aula kantor bupati, menggelar kegiatan pelatihan kepada para pengurus BUMDes di Kabupaten Pulau Morotai tahun 2019.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh para Camat se Kabupaten Pulau Morotai, para tenaga ahli BUMDes, para Kades se Kabupaten Pulau Morotai, serta pengurus BUMDes yang ada di Pulau Morotai.

Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut ”Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Administrasi dan Keuangan BUMDes”.
Asisten III Setda Pulau Morotai, Ida Arsad, saat membacakan sambutan Bupati menyampaikan, ”Pemda Pulau Morotai melalui DPMD. Kita terus berupaya mendorong pemberdayaan desa melalui bidang usaha ekonomi masyarakat, dalam rangka mengembangkan potensi dan kreatifitas masyarakat. Tentunya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui lembaga ekonomi di desa, yaitu BUMDes dan koperasi berdasarkan Perbub no 41 tahun 2018,” ucapnya.

Dirinya lantas menghimbau kepada para Kades yang sempat hadir dalam acara ini, kiranya dapat melaksanakan fungsi-fungsi manejemen dalam rangka memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat melalui kedua lembaga ekonomi tersebut.

“Dengan hadirnya BUMDes ini, jauh harapan kami yaitu dapat menjadi instrumen baru dalam mendorong ekonomi dan otonomi desa untuk peningkatan produksi dan investasi serta pendapatan di desa, sekaligus memberi kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” imbuhnya.

Lanjut dia, ”BUMDes merupakan usaha desa milik kolektif yang digerakkan secara bersamaan antara pemerintah desa dengan masyarakat, pengelolaan yang baik dapat memberikan kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah desa. Olehnya itu, dengan adanya pelatihan ini akan menambah pengetahuan saudara sekaligus memberikan gambaran tentang berbagai gagasan terkait teknis pengembangan, pengelolaan dan manejemen usaha kedua lembaga tersebut. Sehingga nantinya bisa menjadi salah satu basis ekonomi yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan dari desa menuju Morotai sejahtera,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta kepada para Camat dan para Kades, agar marilah kita sama-sama membantu koperasi dan mengawal pelaksanaan aktivitas BUMDes di desa demi masyarakat yang kita cintai. Untuk itu, diharapkan kepada pemerintah desa. Setelah dari pelatihan BUMDes ini dapat menjalan badan usaha ini dengan integritas, profesional, inovasi, jujur dan bertanggung jawab,” harapannya. (Ical)