Beranda Maluku Utara Mahasiswa Geografi STKIP Praktek Pengukuran Curah Hujan Harian

Mahasiswa Geografi STKIP Praktek Pengukuran Curah Hujan Harian

389
0
BAGIKAN

TERNATE – Ketua Progam Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate, Alwi La Masinu pada Senin, 17 Juni 2019 memberikan kegiatan praktek kepada mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Geografi tentang pengukuran curah hujan harian dengan menggunakan alat Observasi Manual (OBS).

Dalam keterangannya, Alwi La Masinu yang juga merupakan alumni di Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate angkatan 2008 itu, mengatakan bahwa praktek itu dilakukan agar mahasiswa memahami betul bagimana cara mengukur curah hujan harian.

Dijelaskannya juga, alat OBS tersebut merupakan hasil kerja sama antara Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha dengan Pihak Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika Babullah Ternate dalam bentuk (Mou) di tahun 2018.

Lanjutnya, pihaknya akan terus mendorong Prodi Geografi untuk lebih maju, salah satunya dengan terus melakukan kerja baik. “Selaku Ketua Prodi dan juga alumni, saya tetap berupaya untuk mendorong program studi sehingga bisa lebih maju dan mempererat kerja sama dibeberapa instansi yang telah dituangkan dalam naskah kerja sama (Mou) seperti Badan Vulkanologi Ternate dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ternate,” kata Alwi.

Alwi juga mengatakan bahwa untuk di semester ganjil atau semester satu ada mata kuliah BMKG, dimana nantinya akan diterapkan kepada calon mahasiswa baru dengan system praktek secara berkelompo, karena alat Observasi Manual (OBS) telah ada.

“Ini kita lakukan tak terlepas dari motto prodi Geografi adalah Learning By Riset,” pungkasnya.

Selain Itu, Alwi juga mengharapkan kepada alumni Geografi STKIP Kie Raha Ternate, untuk mengisi peluang di bidang industri yang saat ini telah menyebar di Kawasan Maluku Utara dan bekerja sesuai dengan kemampuannya. (SS)