Beranda Halmahera Barat Polres Halbar Upacara Dirgahayu Bhayangkara Ke-73 Tahun 2019 Sekaligus Memusnahkan Ribuan Liter...

Polres Halbar Upacara Dirgahayu Bhayangkara Ke-73 Tahun 2019 Sekaligus Memusnahkan Ribuan Liter Miras

217
0
BAGIKAN
Upacara HUT Bhayangkara ke 73, sekaligus pemusnahan miras di Kabupaten Halmahera Barat.

JAILOLO – Polres Kabupaten Halmahera Barat melaksanakan Upacara Dirgahayu Bhayangkara ke -73 Tahun 2019, yang dipusatkan depan kantor Mapolsek Kecamatan Sahu sekaligus pemusnahan minuman keras (Miras) jenis Captikus sebanyak 2.929 karton, Saguer sebanyak 2.770 liter dan Bir Bintang Jumbo sebanyak 48 botol dengan jumlah total 5.810 liter usai upacara perigatan Hut Bhayangkara Ke-73, Rabu (10/07/2019).

Inspektur Upacara Kapolres Halmahera Barat, AKPB Deny Heryanto saat membacakan amanat Presiden bahwa kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri  telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

Lanjutnya, laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

Masih kata Deny dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembaga-lembaga survei yang kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik, setelah KPK dan TNI. Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat, apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks. Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi.

“Informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber.  Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita,” ungkapnya.

“Berbagai kejahatan lintas negara, seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional. Kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti tindak pidana korupsi, illegal fishing, illegal mining, dan illegal logging, harus diberantas demi melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Demikian pula kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, harus ditindak secara tegas dan berkeadilan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat,” terangnya.

Terpisah Kapolres Halbar AKPB, Deny Heryanto juga  membacakan sambutan Kapolri bahwa, “Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Bapak Presiden terhadap pengelolaan organisasi Polri, khususnya terkait Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diraih Polri selama 6 tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2013 sampai dengan 2018, peningkatan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Polri, dari 72,11 di tahun 2017 menjadi 74,08 di tahun 2018.

Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Polri, dari 73,65 di tahun 2017 menjadi 75,18 di tahun 2018, serta terwujudnya 69 Zona Integritas di lingkungan Polri.

“Selanjutnya kami juga siap menindaklanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas, yaitu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan.

Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri. Kami mohon doa dan dukungan dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, pimpinan Lembaga Tinggi Negara, pimpinan Kementerian, Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI, serta seluruh masyarakat Indonesia, agar Polri semakin profesional, moderen, dan terpercaya, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

Hadir dalam Upacara yakni Bupati Halbar Danny Missy, SE, M.Si, Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando S.Sos, Kapolres Halbar Akbo Deny Heryanto, SIK, M.Si dan Ny Maia Deny Heryanto Ketua Bhayangkari Cabang Jailolo, Sekda Halbar Drs. Syahril Abd. Rajak, M.Si, Mewakili Dandim 1501 Ternate Kapten Inf. Nurcholis, S.Sos, Wadanyon Raider Khusus 732 Banau Kapten Inf. Eko Arif Christianto dan Ny Eko Arif, Wakapolres Halbar Kompol, Angga Heldiansyah, SIK,  Kejari Jailolo A. Satya Makandean SH, Rektor STPK Banau Dadang Hindayana, Kalapas Jailolo Supriyanto, Sultan Jailolo Ahmad Syah dan Permaisuri, Tokoh Agama Halbar, Para Perwira Polres Halbar, para Camat sekecamatan, para Kades Se Halbar serta tamu undangan. (UK)