Beranda Halmahera Selatan Upaya Pemulihan Trauma Korban Gempa,  Terus Dilakukan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan

Upaya Pemulihan Trauma Korban Gempa,  Terus Dilakukan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan

169
0
BAGIKAN
Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Selatan (Halsel) Helmi Surya Botutihe, saat memberikan pengarahan.

LABUHA – Upaya pemerintah daerah untuk memulihkan psikologis (Trauma Healing) masyarakat yang terkena dampak gempa 7,2 SR pekan lalu, terus dilakukan.

Kamis, (25/7/19), di halaman Depan Aula Kantor Bupati. Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Selatan (Halsel) Helmi Surya Botutihe, melepas relawan yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD), Pramuka Halsel, serta Humas dan Protokoler
Rencananya, para relawan ini akan bertugas di 10 kecamatan yang terkena dampak gempa selama masa tanggap darurat.

Helmi Surya Botutihe dalam sambutannya menyampaikan tujuan diutusnya relawan ini agar dapat mengurangi penderitaan dan problem yang dihadapi pengungsi, akibat gempa yang terjadi beberapa hari lalu tepatnya 14 Juli 2019, bencana ini masih meninggalkan trauma pada masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya tim relawan ini bisa memberikan motivasi, kesadaran dan pemahaman kepada para pengungsi sehingga dapat kembali ke tempat tinggal mereka masing-masing, mengingat masalah kesehatan yang akan dialami jika mereka tetap bertahan di tempat pengungsian khususnya bagi balita dan anak-anak”, tandasnya.

Lanjut Sekda, para relawan yang diutus ini juga harus mempersiapkan anak-anak di desa tersebut untuk kembali sekolah dan mengecek bangunan sekolah.

“Jika bangunan sekolah masih layak ajak mereka ke sekolah dan pastikan guru-guru yang bertugas di desa tersebut dapat kembali melaksanakan proses belajar mengajar”, tegasnya.

Sekda juga berharap CPNSD bisa melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab terutama tenaga kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami sakit.

Pada kesempatan yang sama, Danyonif Mayor Inf. Indra menjelaskan terkait sasaran utama yang menjadi fokus tim relawan yaitu menyakinkan masyarakat yang masih mengungsi untuk kembali ke rumah, memberikan penjelasan terkait kondisi saat ini sesuai data dan fakta, dan lakukan perbaikan yang diutamakan untuk fasilitas umum.

“Olehnya itu, saya berharap relawan dapat menjaga kesehatan selama bertugas dan karena ini adalah kegiatan sukarela jadi mari kita saling membantu selama berada disana”, tuturnya. (Raja)