Beranda Maluku Utara DPP Kota Ternate Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban

DPP Kota Ternate Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban

257
0
BAGIKAN
Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Ternate, Muhammad Arif Gani.

TERNATE – Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Ternate melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang bertempat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) kelurahan Tafure Kecamatan Ternate Utara.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Ternate, Muhammad Arif Gani kepada wartawan menagatakan, setiap menjelang hari Raya Idul Adha pihaknya selalu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Ini gunanya pemeriksaan kesehatan agar memastikan bahwa hewan yang dikurbankan sehat.

“Hewan kurban tersebut ini akan di potong dan kami pastikan daging hewan layak di konsumsi oleh masyarakat,” kata Muhammad Arif rabu (07/08/2019).

Arif mengaku, untuk hewan kurban sendiri pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 70 ekor hewan kurban.

“Hari ini sudah 70 ekor lebih hewan kurban sapi maupun kambing, yang kami periksa kesehatanya, dan besok kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban Polda Malut jika hewan tersebut sehat itu langsung di sampaikan hewan bisa dikurbankan,” akunya.

Dirinya menegaskan jika hewan kurban tersebut ditemukan sakit, pihaknya akan menandakan hewan tersebut tidak bisa di kurbankan, dan pihaknya akan melakukan pengobatan hewan.

“Jika hewan itu sakit, kami melarang untuk di sembelih, jika hewan itu sehat, hewan tersebut langsung kami memasang label, kalau hewan tersebut sudah bisa dikurbankan,” ucapnya.

Dalam memeriksa hewan kurban kata dia, pihaknya memeriksa semua tubuh hewan, mulai dari tanduk, kulit, pantat, gigi dan lainnya.

“Kami pastikan hewan itu benar-benar sehat, dan tidak ada yang cacat,” tandas Arief.  (Ogn)