Beranda Halmahera Timur Pasca Ikuti ICCF, 2020 Kopibangdes Gelar Festival Desa

Pasca Ikuti ICCF, 2020 Kopibangdes Gelar Festival Desa

306
0
BAGIKAN
Kopibangdes Halmahera Timur saat mengikuti kegiatan ICCF beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

MABA – Komunitas Peduli Pembangunan Desa (Kopibangdes) Halmahera Timur (Haltim), yang baru pertama kali ampil di event nasional, yakni, Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2019, yang diselenggarakan di Kota Ternate, selama sepekan kemarin. Dan direncanakan pada 2020 nanati akan menggelar festival Desa di Haltim.

Sekretaris Kopibangdes Haltim Hasrul Rao, mengatakan, kegiatan yang bakal melibatkan semua desa di Maluku Utara, Kementerian terkait dan khususnya di Kabupaten Haltim ini, bertujuan memberikan kesempatan kepada masing-masing desa mempromosikan berbagai macam produk kreatif yang dihasilkannya. “Baik itu melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) maupun kelompok lainnya,” ucapnya.

Hasrul mengatakan, kegiatan festival Desa yang dicanangkan Kopibangdes bukan bersifat seremonial semata, melainkan ada kesempatan membuka jejaring dan berkolaborasi sesama desa maupun komunitas untuk kepentingan desa itu sendiri.

“Banyak potensi ekonomi masyarakat yang menjanjikan untuk digarap hanya saja tidak ada pasar yang jelas sehingga membuat masyarakat malas, karena itu dalam festival Desa nanti kita siap memfasilitasi sehingga kreativitas masyarakat bisa mempunyai nilai jual,” ujarnya. (Dhy)