Beranda Maluku Utara Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna, Bupati Pulau Taliabu Himbau Buka Pos Inovasi

Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna, Bupati Pulau Taliabu Himbau Buka Pos Inovasi

813
0
Bupati Taliabu, H. Aliong Mus saat berkunjung di salah satu stand. (Foto: Istimewa)

TALIABU – Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Taliabu, menghadiri acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-XXI, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Minggu (22/9/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo didampingi Gubernur Bengkulu ditandai dengan pemukulan alat musik dol. Kegiatan di Bumi Raflesia tersebut, dihadiri oleh 3500 peserta se-Indonesia yang terdiri dari Gubernur, Bupati, Wali kota, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DPRD, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Bupati Pulau Taliabu usai menghadiri kegiatan tersebut mengajak seluruh masyarakat desa yang ada di Pulau Taliabu untuk terus berinovasi, menggali informasi terkait dengan perkembangan teknologi.

“Apalagi tema yang diangkat ini, menyinggung tentang teknologi di era industri 4.0, berkenaan dengan itu, kita harus semakin meningkatkan pengetahuan tentang teknologi pada era teknologi dan digital ini, supaya bisa dimanfaatkan dalam menciptakan produk baru, yang berguna bagi kehidupan bermasyarakat. Kedepan disetiap Kecamatan dan Desa harus ada Pos Inovasi,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Pulau Taliabu juga menghimbau kepada Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang ada di tiap di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu untuk meningkatkan kualitas dan terus proaktif.

“Semakin kedepan, daya saing dalam menciptakan produk semakin meningkat dan berdaya saing. Untuk itu, kita juga harus menyesuaikannya, supaya bisa mengembangkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat Desa di Pulau Taliabu,” ucap Kepala Daerah Pulau Taliabu.

Usai menghadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG), Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Zahra Yolanda Mus, Kepala Bapedda H. Syamsuddin Ode Maniwi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pulau Taliabu Mansuh Mudo, Kabag Humas dan Protokoler Setda Pulau Taliabu Muh. Ridwan Aziz, meninjau stand pameran Kabupaten Pulau Taliabu pada Gelar Teknologi Tepat Guna, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Pulau Taliabu itu langsung disambut oleh beberapa orang yang berada di stand itu diantaranya, Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Pulau Taliabu Mansuh Mudo dan staf Dinas PMD Pulau Taliabu.

Usai disambut, Bupati Pulau Taliabu melihat langsung beberapa produk yang ditampilkan stand Kabupaten Pulau Taliabu pada GTTG tahun 2019 diantaranya, Pembuatan Kain Tenun secara Tradisonal, pembuatan permen dengan menggunakan rumput laut serta ayaman dari beberapa hasil hutan.

“Terimakasih atas kreasi yang telah diciptakan oleh Posyantek di Pulau Taliabu, semoga ke depan peningkatan produksi inovasi terus berkembang, agar supaya setiap GTTG Pulau Taliabu bisa memamerkan temuan-temuan yang berguna bagi bangsa dan negara,” ucap Bupati melalui Kabag Humas dan Protokoler Setda Pulau Taliabu Muh. Ridwan Aziz.

Bupati Pulau Taliabu berharap, kedepannya Posyantek bisa terus berinovasi agar produk yang dihasilkan bisa berdaya saing dan bisa dipatenkan dan diproduksi massal, sehingga memicu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Sukri Sanya,  menyampaikan bahwa Dinas PMD memiliki misi yang ingin dicapai Dinas PMD pada GTTG 2019 ini, yakni ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), yang akan dicapai dalam bentuk tukar dan sharing informasi terkait Teknologi Tepat Guna.

“Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan produk yang dihasilkan oleh Posyantek di Pulau Taliabu, supaya kedepannya masyarakat umum bisa turut andil dalam berpartisipasi mengembangkan produk TTG ini nantinya,” ujarnya menirukan Bupati.

Ketika masyarakat umum bisa berpartisipasi lanjut Sukri, tentu Pemerintah juga akan memantau dan membimbing masyarakat tersebut bagaimana mereka bisa menciptakan serta memodifikasi suatu produk TTG yang tentunya dengan biaya efisien dan memberikan dampak manfaat luas untuk peningkatan ekonomi masyarakat. (Hms/HH)