Beranda Maluku Utara Bawaslu Malut Gelar Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran

Bawaslu Malut Gelar Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran

478
0
BAGIKAN
Suasana rapat.

TERNATE – Jelang agenda pemilihan umum serentak 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut), menggelar Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan anggaran dalam rangka penyusunan RKAKL Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota 2020, Jumat 11/10/19.

Rapat yang dilakukan di Ball Room Muara Hotel itu, dihadiri Kepala Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amrin, Anggota Bawaslu Provinsi, Kepala Sekretariat Irwan, anggota Bawaslu dan sekretaris kabupaten Kota.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Irwan M Saleh mengatakan rapat ini guna memberi pemahaman kepada kepala kepala sekretariat kabupaten kota untuk mengelola anggaran APBN dan APBD pada Pemilu tahun 2020.

Irwan berharap, seluruh jajaran Bawaslu kabupaten dan kota agar menyusun program sesuai dengan visi misi lembaga dengan mempertimbangkan faktor efisiensi dan efektivitas yang dilandasi dengan program yang bermanfaat.

“Kalau rancangan program harus benar-benar terarah dan sesuai dengan visi misi lembaga,” katanya.

Prinsip yang dipegang oleh Bawaslu, menurut Irwan, yaitu bagaimana penganggaran yang efektif, efisien dan tepat sasaran. Dalam menyusun anggaran juga harus cermat dan memperhatikan kegiatan prioritas sehingga meminimalisir revisi anggaran pada tahun berjalan.

Menurutnya, dalam memahami mekanisme penyusunan anggaran sesuai peraturan yang berlaku. Kemudian mampu menyempurnakan program anggaran dan kegiatan yang telah disusun secara lebih jelas.

Irwan juga menambahkan, peserta yang hadir dapat memiliki pemahaman konseptual dan kemampuan implikatif yang mencukupi untuk menerapkan konsep dalam perencanaan dan penyusunan anggaran dalam beragam instrumen nantinya di kabupaten dan kota masing-masing.

“Saya harapkan terdapat kesinambungan pengetahuan tentang perencanaan dan anggaran ke depannya tetap dilaksanakan sesuai dengan dokumen perencanaan yang ada,” kata irwan M.Saleh. (HI)