Beranda Maluku Utara Sekda Tidore Buka Kegiatan Pedang Tidore

Sekda Tidore Buka Kegiatan Pedang Tidore

507
0
Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman, saat membuka kegiatan Pagelaran Panggung Budaya, dalam rangka Pelangi Budaya Negeri Tidore Ritual Tobo Safar ke XI Tahun 2019. (Foto: Istimewa)

TIDORE KEPULAUAN – Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman, Selasa pagi (22/10) membuka dengan resmi kegiatan Pagelaran Panggung Budaya, dalam rangka Pelangi Budaya Negeri Tidore Ritual Tobo Safar ke XI Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Generasi Muda Mafututu.

Asrul Sani dalam sambutannya menyampaikan, “Rangkaian Kegiatan Tobo Safar ke XI ini merupakan kegiatan yang telah dilakukan secara kontinyu, secara turun temurun sebagai bentuk kepedulian akan kebudayaan dan tradisi daerah kita yang sudah mendarah daging dalam diri kita masing-masing,” cetusnya.

Asrul juga berharap agar upaya pelestarian seni budaya yang telah dilakukan Generasi Muda Mafutu ini, dapat dilakukan oleh generasi muda lainnya di Kota Tidore Kepulauan, dan setiap lembaga pelestarian kebudayaan dapat saling bekerjasama, bahu membahu untuk mewujudkan Kota Tidore yang lebih berbudaya dan beradap.

Sementara Rustam Ade dalam  laporannya menyampaikan bahwa sebagai event tahunan kegiatan Tobo Safar yang ke XI kali ini panitia menggelar panggung budaya sebagai pra kegiatan yang di pusatkan di Tanjung Mafututu, konsep panggung Budaya memiliki dua alasan utama, yakni membangun kerja-kerja kolaboratif dengan teman-teman kreatif dan sebagai pra kondisi Tidore Kepulauan menuju 2021.

Momentum besar yaitu GMNC dan Sail Tidore, Panggung Budaya Pedang Tidore (Tobo Safar) mendorong anak-anak muda kreatif, pencinta budaya, kolaborasi kerja pecinta budaya, kolaborasi kerja sama komunitas dalam sebuah wadah atau event.

Rustam berharap Tanjung Mafututu bisa dijadikan skala prioritas destinasi wisata oleh Pemerintah dan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 23 November besok di Pantai Majui Kelurahan Mafututu. (Hms/SS)