Beranda Maluku Utara Pemkot Ternate Raih Penghargaan Nasional dari Kemenkes RI

Pemkot Ternate Raih Penghargaan Nasional dari Kemenkes RI

293
0
BAGIKAN
Menteri Dalam Negeri menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Ternate. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate meraih penghargaan Nasional Kota Sehat, Swasti Saba Wistara tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Anugerah itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman di ruang Sasana Bhakti Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr Fathia Suma bersama Ketua Forum Kota Sehat Ternate, H Barham Hi Dayan.

Kabag Humas Kota Ternate, M Syaiful Arsyad dalam keterangannya mengatakan, penghargaan Swasti Saba Wistara yang dicapai Pemkot Ternate merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan Ternate sebagai Kota Sehat.

Kata dia, penghargaan ini merupakan kerja keras semua pihak baik pemerintah di tingkat Kelurahan, Kecamatan, OPD serta dukungan seluruh masyarakat Kota Ternate.

“Tentunya ini tak lepas dari bimbingan di bawah kepemimpinan bapak Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman sehingga Kota Ternate meraih penghargaan nasional Swasti Saba Wistara tahun ini. Swasti Saba atau penyelenggaraan kabupaten, kota sehat ini bukan perlombaan, tapi lebih kepada proses kolaborasi dan sinkronisasi antara program-program pemerintah dengan partisipasi masyarakat,” ujar Syaiful.

Hal senada juga disampaikan Pembina Forum Kota Sehat Ternate, M Tauhid Soleman, “Penghargaan ini adalah sebuah langkah maju Kota Ternate terkait dengan menata wajah kota. Perjuangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mempertahankan apa yang sudah ada, bukan meraihnya melainkan mempertahankannya,” kata Tauhid yang juga Sekda Kota Ternate.

Lebih lanjut Tauhid mengatakan, penghargaan ini menunjukkan jika kota Ternate layak untuk menerima penghargaan, karena dari enam tatanan yang dinilai untuk meraih Swasti Saba Wistara telah dipandang memenuhi syarat penilaian.

“Keenam tatanan tersebut adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat,” pungkas Sekda.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, Selasa (19/11/2019), Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat, di kantor Kemendagri, Jakarta.

Penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Wali Kota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten dan kota sehat. (Rls/NT)