Beranda Citizen Journalism Talangame Bebas Banjir Berkat “Kotaku”

Talangame Bebas Banjir Berkat “Kotaku”

331
0
BAGIKAN
Salah satu sudut di kelurahan Talangame, sebelum dan sesudah tersentuh oleh Program Kotaku. (Foto: Win)

TERNATE – Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) yang membenahi sejumlah kawasan kumuh di Kota Ternate, terbilang sangat sukses. Kelurahan Bastiong Talangame, Kecamatan Kota Ternate Selatan, merupakan contoh sukses dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang ditangani Kotaku.

Fasilitator Pendamping Bagian Infrastruktur, Dry Krispian menjelaskan, untuk tahun 2019, kelurahan yang mendapatkan dana pembangunan fisik yakni, Kelurahan Bastiong Talangame, Kelurahan Mangga Dua dan Kelurahan Soasio. Titik fokus pembangunan di Kelurahan Bastiong Talangame sendiri yaitu pembuatan saluran drainase.

“Bastiong Talangame khususnya di RT 9 dan 10 ini merupakan kawasan kumuh yang sering terdampak banjir jika hujan tiba, rumah warga kerap terdampak banjir akibat luapan dari saluran drainase, makanya kelurahan ini dan dua kelurahan lain yang mengalami hal serupa menjadi prioritas pembangunan fisik tahun 2019,” ungkapnya Jumat, 29 November 2019.

Sementara itu, Ketua LKM Sinar Talangame, Ilham Puasa mengatakan, sangat terbantu dengan masuknya program Kotaku, sehingga kawasan ini sekarang tidak hanya teratasi banjirnya, namun kesan sejuk, nyaman, tertata dan indah akan dirasakan setiap orang yang datang kesana.

“Kami sangat bersyukur karena masalah saluran air yang kita hadapi bertahun-tahun sudah teratasi dengan masuknya program dari Kotaku. Bahkan tidak hanya dibangun saluran airnya saja, tapi dibuatkan tutupnya juga untuk bisa digunakan warga sekitar untuk jalan kaki dan tempat santai di atas saluran yang dulunya sebagai pusat banjir,” kata Ilham sembari berharap masyarakat sekitar harus pro aktif dalam menjaga apa yang telah dibangun Kotaku.

Salah satu gang Kelurahan Talangame yang dibenahi oleh Program Kotaku. (Foto: Win)

“Kami berharap warga sekitar harus merubah pola pikir, harus mejaga kebersihan lingkungan jangan buang sampah sembarang tempat termasuk saluaran. Kita harus menjaga bersama apa yang telah dibangun,” jelasnya. (Win)