Beranda Maluku Utara Peringati Hari HAM,  Mahasiswa Unipas Gelar Aksi Di Halaman Kantor DPRD Morotai 

Peringati Hari HAM,  Mahasiswa Unipas Gelar Aksi Di Halaman Kantor DPRD Morotai 

251
0
BAGIKAN
Aksi mahasiswa di depan kantor DPRD Pulau Morotai. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Puluhan Mahasiswa Universitas Pasifik (Unipas) yang tergabung dalam Front yakni, Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) dan Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Pulau Morotai, Selasa (10/12) menggelar aksi di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pulau Morotai.

Aksi puluhan mahasiswa Unipas Morotai ini dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Se-Dunia, dipimpin oleh Fajri Hamza, yang juga selaku mahasiswa Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai.

Fajri, saat membacakan tuntutan dalam orasinya menyampaikan, Cabut UU yang meliberalisasi sektor publik, hentikan segala bentuk representasi terhadap gerakan rakyat, tolak kenaikan iuran BPJS dan cabut PP No.75 tahun 2019, lawan kapitalisasi pendidikan, wujudkan pendidikan gratis ilmiah dan demokrasi, berikan jaminan demokrasi ruang publik, stabilitas harga komoditi, tolak destinasi pariwisata di Morotai, berikan solusi Perda tentang hewan ternak liar serta tolak kelapa sawit di Malut.

”Semoga tuntutan ini bisa diakomodir oleh anggota DPRD Morotai,” ujar Fijri.
Tak lama aksi digelar, saalah satu anggota DPRD Morotai dari Fraksi Gerakan Amanat Nasional (GAN) yakni Ruslan Ahmad, langsung menemui massa aksi.

Ruslan, saat menemui massa aksi mengatakan, ”Ada beberapa hal penting terkait dengan persoalan di Morotai, dan kita juga punya kepentingan waktu, kita juga menjawab maksud dan tuntutan teman-teman mahasiswa hari ini. Karena besok itu ada dua agenda besar yakni, yang pertama agenda dengan teman-teman bentor egendanya jam 9 pagi, selesai itu lanjut jam 11 dengan teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam front ini, karena kesedian dan persiapan sudah ada di kantor DPRD dan semuanya harus hadir,” ucap Ruslan.

Ditambahkan, ”Kalau teman-teman di luar sana yang masih belum komentar, masing-masing ketua organisasi bisa hadir. Karena kehadiran teman-teman LMND dan SMI ini sangat penting, dan kami yakin besok kita bisa pertemukan langsung dinas terkait yaitu, dinas pendidikan dan pariwisata, sehingga hal ini besok baru kita bicarakan,” tandasnya.(Ical)