Beranda Maluku Utara Sejumlah Pejabat Eselon II dan IV Bergeser Posisi

Sejumlah Pejabat Eselon II dan IV Bergeser Posisi

1186
0
BAGIKAN
Suasana pelantikan di Aula Kantor Wali Kota Ternate, Kamis 26/12/19.

TERNATE – Sebanyak 68 orang pejabat eselon II dan IV serta satu orang dewan pengawas PDAM di lingkungan Pemerintah Kota Ternate dilantik oleh Wali kota Ternate, Hi. Burhan Abdurahman. Pelantikan berlangsung di aula kantor Wali Kota Ternate, Kamis (26/12/2019) yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Walikota nomor: 821.2/KEP/6198/2019.

Pejabat eselon II dan eselon IV di Pemerintahan Kota Ternate yang diroling diantaranya ada enam orang pejabat eselon II yang di roling, antara lain Rizal Marsaoly saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate, Hasim Yusuf dilantik sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggantikan Nuryadin Rachman, sementara Nuryadin Rahman sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan digeser sebagai Kepala Disperkim menggantikan posisi Rizal Marsaoly.

Sedangkan Mochamat Arif Abdul Gani dilantik sebagai Kepala BPBD Ternate mengantikan Hasim Yusuf, jabatan lama Arif Gani sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Ternate di isi oleh Hadijah Tukuboya,  jabatan lama kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate.

Sementara, Samin Marsaoly sebagai kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate digeser menjadi staf Ahli Walikota Ternate Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Ke enam pejabat tersebut nantinya mendapatkan tunjangan jabatan struktural masing-masing sebesar Rp 2.025.000.

Sedangkan jabatan pada eselon IV yang dilantik sebanyak 62 orang yang berdasarkan SK Wali Kota dengam nomor 821.2/KEP/6199/2019 dan besaran tunjangan jabatan strukturalnya sebesar Rp 540.000, untuk 4 orang jabatan eselon IV kini sebagai staf biasa yakni Syafruddin Kharie dulunya sebagai Lurah Moya sekarang staf di Dishub, Irmawati A Husen jabatan lama Kasub Keuangan Dinkes sekarang staf di BKPSDMD Kota Ternate, Ratna Hamzah sekarang staf di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Daerah dan sebelumnya sebagai Kasubag Keuangan di instansi yang sama, Rani Ismail staf pada Kantor Kecamatan Ternate Selatan sebelumnya sebagai Sekretaris Lurah Mangga Dua.

Dalam sambutannya, Wali kota Ternate Hi Burhan Abdurahman mengatakan, pelantikan seperti ini adalah hal biasa dalam suatu organisasi, oleh karena itu kepada pada para pejabat pimpinan tinggi pratama sebagai orang yang bertanggung jawab atas kinerja organisasi harus memiliki rasa simpati dan empati terhadap kebutuhan masyarakat karena ditantang berbagai kebijakan teknis dalam bentuk program dan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Lebih lanjut, Wali kota mengatakan bagi yang baru dilantik harus lebih banyak terjun ke masyarakat untuk mengarahkan persoalan yang dihadapi masyarakat agar bisa dijadikan rujukan dan pertimbangan dalam menyusun program kerja organisasi.

“Saya mengingatkan bahwa jabatan adalah rahmat dan jabatan serta kekuasaan adalah milik Allah diberikan kepada siapa yang dikehendaki dan dicabut dari siapa yang di kehendaki,” kata Wali Kota dalam sambutannya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Ternate Junus Yau mengatakan, Pemkot Ternate melakukan pelantikan pejabat esalon II, IV serta Pengawasan PDAM Ternate yang dijabat Sukarman Hirto selaku Ketua, lalu ada enam orang pejabat esalon II atau kepala Dinas yang dilantik.

Menurut Junus, pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Ternate adalah hal biasa. “Saya mau bilang bahwa mereka yang dilantik adalah orang pilihan karena prestasi dan kinerja mereka di SKPD yang lama cukup luar biasa sehingga mungkin pa wali kota merasa penting untuk melakukan rotasi-rotasi,” singkatnya. (NN)