Beranda Halmahera Tengah Tiga Desa di Halmahera Tengah Nikmati Listrik

Tiga Desa di Halmahera Tengah Nikmati Listrik

187
0
BAGIKAN
Foto bersama pengresmian pelayanan listrik oleh Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara.

99,9% Desa di Halmahera Tengah Kini Telah Teraliri Listrik

WEDA – Tiga Desa di Kecamatan Weda Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara yaitu Desa Messa, Desa Kotalo, dan Desa Dotte akhirnya menikmati listrik.

Pengguntingan pita oleh Bupati Halmahera Tengah Edi Lngkara pada pengresmian pelayanan listrik.

Dengan adanya listrik di tiga desa yang berhasil di listriki oleh PLN, kini PLN berhasil melistriki 99,9% desa yang berada di Halmahera Tengah.

“Puji syukur, desa demi desa berhasil kami listriki. Komitmen kami untuk terus bekerja menerangi seluruh pelosok Maluku Utara,” tutur Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi, Yusrizal.

Untuk melistriki tiga desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 20,58 Kilometer sirkit (Kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 8,07 Kms, dua buah Gardu Distribusi berkapasitas 50 kilovolt Ampere (kVA), dan dua buah Gardu Distribusi berkapasitas 100 kVA.

Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara dalam sambutannya saat meresmikan penyalaan listrik di tiga Desa Dotte, (26/12) menyampaikan terima kasihnya kepada PLN yang telah berkontribusi menerangi desa-desa di Halmahera Tengah.

“Pemerintah daerah siap mendukung PLN untuk menyediakan infrastruktur kelistrikan di Kabupaten Halmahera Tengah,” tutur Edi Langkara.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah memberikan bantuan biaya pasang baru untuk 241 kepala keluarga yang ada di tiga desa tersebut.

Dilistrikinya ketiga desa tersebut oleh PLN juga memberikan dampak positif yang dirasakan oleh warga. Seperti yang dirasakan oleh Hasan (38), salah satu warga Desa Dotte.

“Usaha kami memiliki potensi untuk bisa berkembang. Hasil tangkapan ikan bisa disimpan di dalam kulkas sehingga bisa bertahan lama. Desa kami menjadi lebih ramai dari sebelumnya, dengan adanya listrik aktifitas di malam hari bukan lagi menjadi penghalang. Anak-anak pun bisa belajar dengan nyaman,” cetus Hasan.

PLN terus berupaya melistriki seluruh pelosok demi mewujudkan Maluku – Maluku Utara Terang 2020. (HI)