Beranda Maluku Utara Lanal Ternate Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Lanal Ternate Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

476
0
BAGIKAN
Lanal Ternate Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate gelar upacara peringatan hari Dharma Samudera sekaligus tabur bunga yang berlangsung di pelabuhan Perikanan Bastiong Kota Ternate, Rabu (14/1/2020).

Peringatan Dharma Samudera tersebut yakni mengenang pertempuran Laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962 atau 58 tahun silam. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto dan pada upacara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Ternate, Komandan Lanal Ternate, Forkompinda dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam wawancaranya, Danlanal Ternate menyampaikan bahwa peringatan hari Dharma Samudera tentunya untuk memperingati kepahlawanan putra bangsa Indonesia yang telah memdahului kita semua yakni Komodor Yos Sudarso dan pahlawan lainnya, yang sudah rela memperjuangkan dan mempertahankan NKRI.

“Nah inilah yang harus kita teladani dan dicontohi dengan rela berkorban tanpa pamrih,” tutur Whisnu.

Menurutnya, dengan kondisi negara saat ini baik dari dalam maupun luar yang berpotensi akan cenderung menghancurkan keutuhan NKRI patut kita pertahankan demi bangsa, sebab kita adalah generasi yang harus setia menjaga keutuhan NKRI.

Dengan situasi bangsa yang saat ini, kata Whisny ini rentan dengan ancaman baik dari dalam maupun dari luar seperti saat ini yakni ancaman dari luar terhadap Natuna ditambah lagi dengan ancaman narkoba dan ancaman potensi lainnya yang bisa merusak moral dan kedaulatan bangsa.

“itu yang harus kita teladani, dan semoga lewat peringatan ini, bisa mebjadikan kita lebih semangat dan lebih kuat dalam mempertahankan NKRI yang kita cintai ini,” tutup Whisnu.

Seusai upacara, Wali Kota Ternate bersama tamu undangan lainnya ikut naik ke kapal Angkatan Laut untuk melakukan prosesi tabur bunga bersama di depan pelabuhan sekitar 30 menit lamanya, setelah itu turun berlabuh kembali dan meninggalkan lokasi acara. (NN)