Beranda Maluku Utara Dalam Rangka Pencegahan Covid-19, Pemda Morotai Gelar Rapat 

Dalam Rangka Pencegahan Covid-19, Pemda Morotai Gelar Rapat 

176
0
BAGIKAN
Suasana rapat

MOROTAI -Untuk menindaklanjuti himbauan Pemerintah Pusat (Pepus), maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, Senin (16/3) pukul 14.00 WIT bertempat di Mabes (Kediaman Bupati) melakukan rapat kesiapan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Morotai Benny Laos dan dihadiri oleh Plt. Kadis Kesehatan Julius Jiscard Krons, yang juga Dirut RSUD, Kepala Kesbangpol Lauhin Goraahe, Kepala Dispora Yanto A. Gani, para Camat serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya.

Bupati Morotai Benny Laos mengatakan, rapat kali ini dalam rangka merespon himbauan dan perintah Presiden RI dalam menanggapi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

”Presiden RI mengharapkan kepada seluruh Kepala Daerah agar mendukung pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga nanti kedepannya penyebarannya dapat dihentikan dan tidak meluas serta berdampak pada bidang permasalahan lainnya. Olehnya itu, untuk mencegah masuknya virus corona ke wilayah Pulau Morota, maka kita bentuk Satgas pencegahan penularan virus corona yang nantinya mereka (Satgas) tersebut bergerak di bawah dasar hukum dari Perbup,” ucapnya.

Ia meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) segera melakukan pengadaan barang-barang medis yang fungsinya sebagai pendukung dalam upaya pencegahan virus corona.

”Karena memerangi virus corona ini bukan seperti membalikan telapak tangan yang amat begitu mudah, namun kita harus berupaya semaksimal mungkin. Virus ini bisa kita cegah dengan berbagai upaya-upaya diantaranya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang virus corona, mengadakan penyemprotan, mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun,” pintanya.

Sementara, Plt. Kadinkes Pulau Morotai, Julius Jiscard Krons menyampaikan, terkait adanya status peningkatan penyebaran virus corona di Indonesia, maka kita harus meningkatkan kewaspadaan terutama kepada daerah yang saat ini belum ditemukan adanya kasus penyebaran virus corona agar kita dapat menghentikan penyebaran wabah virus ke wilayah lainnya yang masih steril.

”Perlu dilakukan peningkatan kesadaran dari masyarakat untuk terus hidup sehat dan menghindari adanya perjalanan domestik maupun luar negeri ke daerah yang saat ini terdampak kasus atau wabah virus corona,” ungkapnya.

Selain itu kata Kadinkes, perlu diwaspadai bahwa, virus ini penyebarannya bukan melalui media udara melainkan melalui droplet, yakni perantara suatu benda sehingga dengan adanya kondisi tersebut pada akhirnya kita diharuskan untuk hidup sehat,” katanya. (Ical)