Beranda Halmahera Timur Penanganan Covid-19, Pemkab Haltim Sediakan Anggaran Rp 3,4 M

Penanganan Covid-19, Pemkab Haltim Sediakan Anggaran Rp 3,4 M

772
0
Bupati Halmahera Timur, Ir. Muhdin.

MABA – Dalam penanganan Virus Corona atau COVID-19, Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Pemkab Haltim), tengah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 3,4 miliar, untuk diberikan kepada tim satgas penanganan corona.

Bupati Halmahera Timur, Ir. Muhdin melalui Kabag Humas Pemkab Haltim, Yusuf Talib, menjelaskan, saat ini  bupati sudah mengambil kebijakan dari beberapa pos anggaran, yang tentunya sudah ada persetujuan DPRD. Dan saat ini dana yang disiapkan kepada tim satgas penanganan corona  sebesar 3,4 miliar.

“Pak bupati juga telah perintahkan ke Bappeda dan keuangan bahwa dana untuk penanganan corona tidak diambil dari dana DD dan ADD. Untuk itu diperintahkan kepada seluruh kepala desa untuk segera menjalankan program DD dan ADD sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” ujarnya.

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan jika Bupati juga sudah perintahkan pihak PU Cipta Karya untuk mempersiapkan gedung malaria center di kota Maba. Guna pusat penanganan pasien yang terindikasi corona sebelum dirujuk ke pusat penanganan pasien corona di provinsi dan juga telah disiapkan ambulans khusus menangkut pasien.

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat yg merasa ada indikasi corona agar segera melaporkan ke satgas penanganan corona Haltim (Dinkes sebagai pelaksana teknis). Dimana Saat ini sudah disiapkan satu gedung di kompleks RSU Maba untuk penanganan pasien corona sambil menunggu penyiapan di gedung malaria center, selanjutnya semua pelayanan untuk pasien corona di RSU Maba akan dipindahkan pelayanan seluruhnya di gedung malaria center,” akunya.

Selain itu juga, untuk menghindari penyebaran virus tersebut, Bupati telah menghubungi pihak PT.Antam Buli, agar sementara ini melarang karyawan berada di luar, masuk ke Haltim. (Dhy)