Beranda Maluku Utara Kampanye Stop Narkoba, Kepala BNNP Malut Ikut Main Bara Masuen (Bambu Gila)...

Kampanye Stop Narkoba, Kepala BNNP Malut Ikut Main Bara Masuen (Bambu Gila) di Mini Festival Kulaba Tempo Dulu

69
0
BAGIKAN
Kepala BNNP Malut ikut mencoba permainan tradisional Bara Masuen di Kelurahan Kulaba.

TERNATE – Manfaatkan Mini Festival Kulaba Tempo Dulu yang dilaksanakan di Lapangan Kulaba Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, untuk Kampanye Stop Narkoba, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara, Brigjen Pol. M Arief Ramdhani, ikut bermain, permainan budaya Maluku Uatara yakni Bambu Gila atau (Bara Masuen), Sabtu 03/10.

Pagelaran seni budaya yang menggelar berbagai atraksi diantaranya tarian Soya Soya, puisi, tarian Lalayon, dan Bambu Gila itu menarik perhatian orang nomor satu di BNNP Malut untuk mencoba permainan Bambu Gila (Bara Masuen).

Bara Masuen merupakan salah satu permainan tradisional yang penuh aura mistis. Dimana bambu yang dipegang oleh 6-7 orang ini akan bergerak sendiri setelah dibacakan mantra oleh pemandu. Mantan Dir Nrakoba Polda Bali itu pun ikut main bersama pejabat dan personil BNNP.

Tampak kepala BNNP Malut bersama tim BNNP berusaha menaklukkan bambu yang bergerak tak beraturan mengikuti arahan pawang bambu.

Saat menyampaikan sambutan kepala BNNP Malut menyatakan kegiatan ini sebagai gerakan penyadaran, pemberian informasi, sosialisasi, dan kewaspadaan bahaya Narkoba kepada masyarakat.

“Kelurahan Kulaba sebagai salah satu pintu masuk pariwisata di Kota Ternate mendorong BNNP Malut untuk menyelenggarakan pagelaran seni ini sehingga masyarakat khususnya para generasi milenial kreatif, sadar, sehat produktif dan bahagia tanpa Narkoba,” ungkap Kepala BNNP Malut.

Sementara, ketua pemuda Kelurahan Kulaba, Julfikar Muhtar yang mengajak pemuda Kulaba untuk melakukan perubahan dengan kreatifitas tanpa menggunakan Narkoba.

Selain itu juga, Kabid P2M BNNP Malut, Drs. Hairuddin Umaternate, menyatakan tujuan pagelaran seni dan budaya sebagai media untuk pengetahuan dan pemahaman tentang Narkoba melalui kreatifitas seni dan budaya sekaligus menggugah masyarakat aktif dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Pada kesempatan tersebut Kepala BNNP Malut juga menyerahkan display Narkoba kepada pihak Kelurahan Kulaba, serta bantuan bola voli untuk remaja putri dan bola kaki untuk remaja putra.

Hadir dalam acara ini juga Lurah Kulaba, perwakilan Komunitas Jaringan Kota, Babinsa dan Babinkamtibmas Kulaba, juga masyarakat Kelurahan Kulaba bersama personil BNNP Malut. (HI)