Beranda Maluku Utara Maskapai Citilink Buka Rute Penerbangan Jakarta-Ternate

Maskapai Citilink Buka Rute Penerbangan Jakarta-Ternate

689
0
(Foto: Istimewa)

TERNATE – Setelah melalui komunikasi panjang Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, untuk meminta penerbangan maskapai Citilink rute Jakarta-Ternate, Ternate-Jakarta, akhirnya membuahkan hasil.

Pada tanggal 15 Februari 2021 nanti PT Citilink Indonesia resmi memulai penerbangan dari Jakarta-Ternate melalui Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) ke Ternate dan Bandara Babullah Ternate (TTE).

“Iya benar, kami sudah dikonfirmasi maskapai Citilink akan masuk ke Bandara Udara Sultan Babullah Ternate. Ini adalah penerbangan perdana Citilink di Ternate,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara (Malut) Armyn Zakaria kepada kepada wartawan 05/21.

Lanjut Armyn, berdasarkan surat yang diterima Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara. penerbangan perdana anak perusahaan Garuda Indonesia ini dilakukan pada  tanggal 15 Februari 2021 mendatang.

Penerbangan perdana pesawat dengan nomor penerbangan QG-220 HLP-TTE ini dijadwalkan pukul 22:30 WIB dari HLP dan tiba di TTE pukul 02:30 WIT.

Penerbangan perdana ini pesawat langsung kembali ke Jakarta (TTE-HLP) sesuai jadwal pukul 03:25 WIT dan tiba pukul 07:00 WIB.

Menurut Armyn, ini adalah sebuah terobosan besar, di tengah kondisi pandemi Covid-19 masih ada maskapai yang membuka rute penerbangan baru masuk ke Ternate.

“Ini adalah salah satu upaya komunikasi Gubernur dengan Kementerian Perhubungan dan juga maskapai penerbangan,” katanya.

Kata Armyn juga, kehadiran Citilink ini akan mendukung pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional di Sofifi dan Sail Tidore tahun 2021. Dua event ini akan menghadirkan ribuan orang dari berbagai daerah ke Maluku Utara.

“Ini juga membantu masyarakat untuk melakukan perjalanan, khususnya melalui jalur udara,” tandasnya.

Sementara itu, untuk penerbangan perdana Citilink akan mengundang pemerintah provinsi untuk terbang bersama dari Jakarta menuju Ternate. (HI)