Beranda Maluku Utara Wakili Gubernur, Sekprov Buka Musrenbang RKPD Provinsi Maluku Utara Tahun 2023

Wakili Gubernur, Sekprov Buka Musrenbang RKPD Provinsi Maluku Utara Tahun 2023

1214
0
BAGIKAN

TERNATE – Mewakili Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba, Sekretaris Daerah Samsudin A Kadir membuka Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Provinsi Maluku Utara tahun 2023, di baal room Sahid Bela Hotel, Senin (18/04/22).

Samsudin yang membacakan amanat Gubernur Maluku Utara mengatakan, Forum Perangkat Daerah merupakan tahapan penting dalam proses perencanaan. Dari sisi perencanaan, sehingga forum ini merupakan tahapan pembahasan menghasilkan rancangan rencana kerja perangkat daerah yang lahir dari masukan pihak-pihak terkait.

Sementara dari sisi pengawasan, tahapan ini menjadi bahan audit baik oleh Lembaga KPK, BPK atau pengawasan daerah, bahwa sejauh mana rencana kegiatan pemerintah telah dibahas dalam tahapan yang prosedural.

Dalam pembacaan sambutan gubernur, Sekda juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku Utara meningkat atau mengalami pertumbuhan positif sebesar 16,40 persen.

“Pertumbuhan ini lebih dari yang ditargetkan RKPD tahun 2021 sebesar 9,01 persen, sehingga capaiannya melebihi 128 persen dari target.” Ungkapnya.

Kenaikan ini dipicu oleh Lapangan Usaha Industri Pengolahan yang mengalami pertumbuhan tertinggi sementara dari sisi pengeluaran semua komponen tumbuh, dimana pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen ekspor luar negeri.

“Pertumbuhan ini telah memperlihatkan terjadi perubahan struktur ekonomi daerah yang signifikan, dimana peran sektor primer, pertanian dan kelautan perikanan telah bergeser digantikan Industri Pengolahan dan Industri Pertambangan dan Penggalian, sebagai kontributor terbesar. Hal ini memberikan tantangan khas untuk bagaimana mengelola momentum pertumbuhan yang tinggi menjadi pertumbuhan yang berkualitas, ke depan.” Tandas Sekprov. (HI)