Beranda Maluku Utara Hujan Deras Sebabkan Plafon RSJ Sofifi Ambruk, Dirut RSJ: Pelayanan Kesehatan Segera...

Hujan Deras Sebabkan Plafon RSJ Sofifi Ambruk, Dirut RSJ: Pelayanan Kesehatan Segera Dibuka Kembali

1918
0
BAGIKAN

SOFIFI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sofifi sejak Jumat pekan kemarin, meyebabkan plafon Rumah Sakit Jiwa Sofifi, di Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, ambruk.

Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi dr Malikiddin Ismail, MPH saat dihubungi Gamalamanews.com via sambungan telepon menjelaskan kronologis ambruknya plafon RSJ Sofifi karena faktor alam.

“Ambruknya plafon RSJ ini sudah terjadi sejak hari Jumat pekan kemarin, yang diakibatkan oleh genangan air pada atap SRJ, karena hujan deras.” Ungkap Direktur RSJ dr. Malikiddin Ismail, Selasa (17/05/22) malam.

Lanjut Alumni Magister Manajemen Rumah Sakit UGM itu menjelaskan, atap Rumah Sakit Jiwa Sofifi merupakan atap beton sehingga air hujan tergenang dan tidak mengira sehingga merembes pada plafon.

“Selain air yang tergenang pada atap RSJ, Air juga masuk ke dalam ruangan melalui pintu dilantai 2 hingga membasahi plafon, plafon menjadi rapuh dan terjatuh.” Jelas Dirut.

Peristiwa ini, tambah Dirut, dirinya telah melaporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara dan sudah dilakukan pemeriksaan dan melaporkan ke Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops).

Akibat ambruknya plafon RSJ tersebut, membuat pelayanan harus dihentikan sementra karena menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga mengatakan, jadi pasca ambruknya plafon ini, kita mengadakan rapat dengan Dinas Kesehatan serta BPBD, mengambil keputusan dalam waktu dekat akan membuka kembali pelayanan tetapi dengan sistem pembatasan jam pelayanan pasien maupun pembatasan waktu pelayanan

Selain itu, Dirut menjelaskan pada waktu runtuhnya plafon, terdapat satu pasien namun berhasil diselamatkan dan kini sementra dirawat di RSU Sofifi.

Direktur Rumah Sakit Jiwa juga meminta kepada para pasien yang melakukan pemeriksaan penyakit dalam di RSJ agar bersabar sampai pelayanan dibuka kembali.

“Kami mohon masyarakat pengguna pelayanan RSJ bersabar. Pelayanan tetap kami utamakan.” Tutup Dirut.

Sementara itu, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (HI)