Beranda Maluku Utara Universitas Terbuka Wisudakan 159 Orang

Universitas Terbuka Wisudakan 159 Orang

2599
0
BAGIKAN

TERNATE – Gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten II Setda Provinsi Maluku Utara Sri Haryanti Hatari menghadiri Wisuda Universitas Terbuka Ternate yang diselenggarakan di Gamalama Ballroom Sahid Bela Ternate (31/05/2022).

Sesuai SK Rektor Universitas Terbuka No. 6346/UN31/HK.02/2021 dan No. 7346/UN31/HK.02/2021 tentang pengukuhan lulusan Program Paska sarjana dan sarjana dilingkungan Universitas Terbuka Ternate dengan jumlah Wisudawan 159 orang dari 4 Fakultas, 1 Fakultas PaskaSarjana dan 16 program Studi.

Sementara itu, Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Setda Provinsi Maluku Utara Sri Haryanti Hatari mengucapkan selamat kepada para wisudawan/-wisudawati. Semoga keberhasilan yang diraih hari ini menjadi pembuka jalan untuk meraih apa yang di cita-citakan dimasa yang akan datang.

Universalnya nilai keilmuan dari pemanfaatan ilmu bagi para wisudawan, adalah untuk kemaslahatan umat secara keseluruhan.

“Sekarang saatnya saudara-saudara mengamalkan ilmu tersebut di masyarakat. Buktikan gelar yang diperoleh dengan menunjukkan kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Lanjutnya, beliau juga mngatakan Wisuda bukanlah akhir dari belajar, bukan akhir dari segala-galanya, tapi merupakan awal dari pada pengabdian yang sesungguhnya.

“Ujian sebenarnya saat di lapangan, penempatan tenaga menjadi sesuatu yang sangat mulia karena anda mengabdikan diri pada masyarakat dan keluarga yang menjadi tempat berkarya dan mengabdikan profesi anda,” lanjutnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara, beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Universitas Terbuka Ternate atas usaha dan upayanya selama ini dalam mencetak tenaga professional dan bermutu bagi masyarakat Maluku Utara.

Ia berpesan kepada  wisudawan dan wisudawati, bahwasanya masa belajar di Universitas Terbuka Ternate yang telah ditempuh, hanyalah merupakan sebuah episode pendek dari masa pembelajaran selama hidup.

“Para wisudawan wisudawati haruslah menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat sehingga dapat terus meningkatkan kemampuan saudara-saudari, bekerja secara professional dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Jagalah nama baik profesi, dan jagalah nama baik Almamater saudara-saudari sekalian,” harapnya.

Beliaupun mengajak kepada semua untuk terus berbuat sesuatu yang bermakna bagi kehidupan masyarakat Maluku Utara khususnya dan kemajuan bangsa Indonesia pada umumnya di masa depan.

Semoga keberhasilan yang telah saudara-saudari raih saat ini, menjadi pembuka jalan untuk meraih kesuksesan dalam menapaki langkah-langkah nyata guna pengabdian yang tulus di masyarakat daerah ini,” tutupnya.

Sementara Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Ketua LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Dr. Paken Pandiangan menyampaikan Peristiwa Wisuda selalu disambut dengan rasa bahagia dan bangga karena untuk meraih sebuah gelar sarjana maupun magister tidaklah mudah apalagi di UT yang sangat menekankan pada kemandirian belajar.

“Mahasiswa dituntut untuk membagi waktu, membagi perhatian dan tenaga. Membangun motivasi yang tiada henti ketika menghadapi ujian.”

Di akhir sambutannya beliau berpesan jagalah kehormatan gelar dengan sekuat tenaga sebagaimana kalian mengabdikan segala daya, segala waktu dan biaya untuk meraihnya.

“Jadilah inspirasi untuk banyak orang dan memberikan manfaat terbaik dan terbanyak dari siapapun yang memerlukan dedikasi dari kalian,” harapnya.

Sementara Kepala UPBJJ-UT Effendi, MM, M.Hum menyampaikan bahwa beliau sangat memaklumi memang proses belajar sangat berat dengan mengikuti sistem belajar jarak jauh mandiri seperti luring, daring.

“Saat ini wisudawan, merupakan orang-orang terpilih yang telah mampu mempertahankan motivasi belajarnya yang tinggi.”

Selain itu, Orasi Ilmiah yang disampaikan Sekda Kota Ternate Bpk.Dr. Ir. Yusuf Sunya, SP, ME terkait tentang Menyiapkan Generasi Inovatif dan Berkarakter, menuju masa depan bangsa yang gemilang.

Tampak hadir, Gubernur Maluku Utara diwakili Asisten II Setda Provinsi Maluku Utara Sri Haryanti Hatari, Rektor Univ. Terbuka Ternate, yang di wakili Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si jabatan Ketua LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan), Kepala UPBJJ -UT Ternate, Bpk. Effendi MM. M.hum, Kepala Perwakilan BPK RI Malut, Ir. Hermanto, M.Si, Forkompimda Malut, Kepala Balitbangda Provinsi Maluku Utara Mulyadi Wowor, Walikota Ternate diwakili Sekda Kota Ternate, Forkompimda Kota Ternate, serta Para Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Malut. (Rls/HI)