Beranda Maluku Utara Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Pimpin Upacara HUT Korpri Ke-51

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Pimpin Upacara HUT Korpri Ke-51

420
0
BAGIKAN

SOFIFI – Staf ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Poitik Ir. Abuhari Hamza. Menjadi inspektur upacara dalam rangka peringati hari ulang tahun yang ke- 51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) bertempat di halama kantor Gubernur Maluku Utara, Selasa (29/11).

Staf Ahli Gubernur saat membacakan sambutan Ketua Umum Korpri, mengatakan melalui peringatan HUT KORPRI ini, Saya ucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI. Semoga KORPRI semakin sukses, maju, dan junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI dan teruslah berbakti untuk ibu
pertiwi.

Ia juga mengapresiasi darma bakti, pengabdian, dan kerja keras seluruh anggota KORPRI dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan, terutama dalam 2 (dua) tahun terakhir ini, dimana negara kita yang sedang berjuang dalam menghadapi pandemi covid-19 yang berdampak pada perekonomian nasional, akan tetapi berkat dukungan dan semangat seluruh elemen bangsa, salah satunya peran
strategis KORPRI kita sudah mulai pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dalam membangun perekonomian Indonesia.

Bertolak dari pengalaman dan kebiasaan kerja pada masa pandemi covid-19, tidak terasa kita telah berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang ternyata lebih efektif dan lebih efisien, yakni dengan memanfaatkan secara maksimal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui daring, luring atau hybrid, sehingga memberi solusi komunikasi model kerja dengan cepat dan jitu, untuk hal ini maka KORPRI dapat menjadikan model kerja masa pandemi covid-19 tersebut sebagai kebiasaan model kerja baru,” tutur Abuhari.

KORPRI, Lanjut Abuhari. bisa melakukan refleksi atas capaian dan kiprahnya selama ini,
dan juga tidak terasa ternyata sudah setengah abad, KORPRI beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang di kota dan di seluruh pelosok negeri, maupun yang ada di luar negeri, menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Di sisi lain KORPRI juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Nilai-nilai Pancasila tersebut merupakan nilai dasar bagi setiap ASN yang harus dipegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama yakni ‘BerAKHLAK’ yakni memiliki makna filosofis pada budaya organisasi yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif guna mendukung percepatan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur,” jelas Abuhari.

Tema HUT KORPRI pada ulang tahun ini adalah “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”.

Organisasi KORPRI ini sebentar lagi bertransformasi menjadi Korps Pegawai ASN Republik Indonesia dengan harapan tetap menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi Aparatur Sipil Negara serta mewujudkan jiwa korps
ASN sebagai pemersatu bangsa, dan sebagai bagian integral dari pemerintahan harus terus diperkuat sebagai salah satu komponen yang sangat strategis.

“Saya minta agar KORPRI tetap solid sebagai organisasi di dalam kedinasan sehingga aspirasi ASN dapat ditampung, diformulasikan, dan disalurkan secara proporsional dan profesional,” jelas Abuhari.

Ia juga berharap, bahwa KORPRI harus benar-benar melayani masyarakat dengan sepenuh hati,
dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat, sehingga keberadaan KORPRI dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pertama, perkuat soliditas dan solidaritas korps dan perkuat kerja sama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah mindset, cara pikir,cara bekerja, dan terapkan e-goverment untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Ketiga, ciptakan birokrasi yang transparan dan akuntabel dan bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Keempat, antisipasi dini terhadap berita hoax, fitnah, politik identitas, polarisasi, dan potensi konflik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Kelima, perkuat peran saudara-saudara sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, penjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan Bhinneka
Tunggal Ika.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan tanda penghargaan Satya lencana Karya Satya kepada perwakilan ASN yang masa kerja antara 10, 20, dan 30 tahun pada lingkup Pemerintah Daerah Maluku Utara.

Hut Korpri yang Ke-51 ini juga turut dihadiri, mewakili Forkopimda Malut, para Kepala OPD Prov Malut, ASN pada lingkup Pemprov Malut, serta tamu undangan lainya. (Adpim/HI)