Beranda Maluku Utara Kelompok Nelayan Dapat Bantuan dari Wali Kota Ternate

Kelompok Nelayan Dapat Bantuan dari Wali Kota Ternate

2581
0
BAGIKAN
Wali Kota Serahkan Bantuan. (Istimewa)

TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si secara simbolis menyerahkan bantuan Armada Penangkap Ikan kepada masyarakat kelompok nelayan di Kota Ternate, Senin (26/12/22).

Penyerahan tersebut dilakukan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate dan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Faisal H. Danu Husein dan jajaran.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate Faisal H. Danu Husein menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan untuk masyarakat kelompok nelayan hari ini, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2022.

Bantuan yang bersumber dari DAK sebesar Rp3 miliar, yang terdiri dari, armada penangkap ikan tuna 2 GT sebanyak 7 unit, armada penangkapan ikan tuna 3 GT sebanyak 9 unit, mesin 15 PK sebanyak 17 unit, alat tangkap sebanyak 40 paket serta coolbox PC 600 sebanyak 30 unit.

Sedangkan bantuan yang bersumber dari DAU sebesar Rp800 juta yang terdiri dari, armada penagkapan ikan 2 GT sebanyak 2 unit, armada penangkapan ikan 3 GT sebanyak 13 unit, armada penangkapan ikan 1,5 GT sebanyak 1 unit, mesin 30 PK sebanyak 3 unit, rumpon sebanyak 1 unit, jaring sebanyak 1 paket.

“Bantuan ini diserahkan untuk kelompok nelayan di dalam wilayah Kota Ternate, dan tiga Kecamatan di luar pulau Ternate,” ucap Kepala DKP.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, Pemkot Ternate terus berupaya memberdayakan masyarakat Ternate termasuk kelompok-kelompok nelayan, meski dengan keterbatasan APBD.

“Bantuan ini bersumber dari DAU dan DAK, kita berharap kedepan, lebih banyak lagi kelompok nelayan yang mendapat bantuan, karena masih banyak kelompok nelayan di Ternate yang belum mendapatkan bantuan,” terang Wali Kota.

Wali Kota berharap, pembiayaan melalui DAU untuk kelompok nelayan ini, dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Ternate, karena salah satu penyumbang inflasi terbesar bagi Kota Ternate adalah harga ikan yang terbilang mahal.

“Pemerintah kota Ternate telah melakukan sejumlah upaya dalam rangka menekan laju inflasi, perbaikan kinerja yang dilakukan Pemkot Ternate, maka kita telah menerima reward dari pemerintah pusat melelaui DID,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Wali Kota Berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan nelayan. (DS)