Beranda Maluku Utara Ternate dan Langkah Menuju Geopark Nasional

Ternate dan Langkah Menuju Geopark Nasional

4699
0

TERNATE – Sebanyak empat puluh satu (41) situs geologi yang tersebar di kota Ternate yang diusulkan dan diserahkan oleh Walikota pada tahun 2022 lalu, akan diverifikasi secara resmi oleh tim Kementerian ESDM melalui Badan Geologi.

Rencananya, tanggal 16 – 27 Mei 2023 tim verifikasi akan dipimpin oleh Rully Setiawan,S,T.,P.hD. Sesuai dengan surat nomor :T-357/GL.03/BGS/2023.

Tanggal 11 Mei 2023, berdasar pada dokumen usulan pemerintah kota Ternate  yang sudah ditelaah dan dievaluasi oleh tim asesor nasional, maka perlu tindak lanjut untuk verifikasi lapangan dengan melihat keunikan geologi, konteks ruang serta nilai edukasi, konservasi dan dampak ekonomi ke depan.

DR. M. Tauhid Soleman M.Si, yang juga Walikota Ternate menyampaikan bahwa ini proses yang panjang, fokus , terarah serta berbasis data dan riset yang dilakukan oleh pemerintah kota Ternate guna pengembangan kota Ternate yang berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai edukasi dan konservasi, serta berdampak terhadap nilai ekonomi masyarakat lingkat destinasi atau situs geologi. Hal senada juga di sampaikan oleh Walikota Ternate pada Sambutan HAJAT 772 bahwa saat ini Ternate lagi berproses menuju Geopark Nasional.

Sementara, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate DR. Rizal Marsaoly mengatakan, “Kami akan fokus dan terus mengawal proses ini, hingga terwujud sebagai Geopark Nasional bahkan Unesco Global Geopark, melalui riset riset yang tematik dan terarah,” bebernya.

Selama proses verifikasi, tim asesor akan didampingi oleh Tenaga Ahli Walikota Bidang Geologi, Deddy Arif serta tim Badan Pengelola Aspiring Geopark Ternate.

Deddy dalam keterangannya menambahkan, Ini adalah proses yang dimulai sejak tahun 2019 -2023 dan ini sudah sesuai dengan Perpres No.9 Tahun 2019 tahapan penetapan geopark nasional (Verifikasi Dan Penetapan Warisan Geologi, Dozzer Dan Penetapan Geopark Nasional).

“Sesuai tahapan penetapan geopark maka yang paling awal harus ditetapkan adalah sebagai Warisan Geologi Nasional, alhamdulillah atas dukungan dari pemerintah kota Ternate di tanggal 16-27 Mei 2023, Ternate sudah resmi  di verifikasi,” tutup Deddy. (Rls/ZM)