Beranda Maluku Utara UPTD Labkesda Sleman Uji Tiru di Labkesda Kota Ternate

UPTD Labkesda Sleman Uji Tiru di Labkesda Kota Ternate

14339
0

TERNATE – UPTD Laboratorium Kesehatan Sleman melakukan kunjungan ke UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkesda) Kota Ternate. Kunjungan pada hari Rabu (14/06) tersebut menindaklanjuti program peningkatan mutu dan pengembangan layanan kesehatan.

Menurut Riny Ariyani Amra, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Kota Ternate, uji tiru  tersebut dalam rangka belajar, mengkaji, menggali serta melihat langsung standar pelayanan Laboratorium Kesehatan Kota Ternate.

Labkesda Sleman menjadikan Labkesda Kota Ternate sebagai sasaran uji tiru bukan tanpa alasan, menurut Riny, ada beberapa alat kesehatan diantaranya HPLC yang pengadaannya hanya terdapat pada 4 laboratorium kesehatan daerah di Indonesia. Dan salah satunya terdapat di Labkesda Kota Ternate. Hal tersebut, tentunya menjadi satu kebanggan tersendiri.

“Mereka ingin melihat perencanaan pengembangan laboratorium kesehatan masyarakat pemeriksaan makanan kuantitatif dengan HPLC, perencanaan pengembangan pemeriksaan Napza dan pestisida dengan GCMS serta pelayanan laboratorium klinik,” terangnya.

Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Kota Ternate juga menjelaskan, masih terdapat banyak kekurangan di laboratorium kesehatan daerah Ternate jika dibandingkan Labkesda yang dimiliki Sleman, yang sudah terakreditasi.

“Ada juga alat AAS dan GCMS dan ruangan BSL 2 yang belum dimiliki Labkesda Sleman membuat Labkesda Sleman berkunjung ke Ternate dengan keinginan belajar tentang standar pelayanan dan pengembangan Lab Kesmas. Perlu adanya dukungan dari Dinas Kesehatan untuk reagen agar pemeriksaan dapat dioperasikan dan nantinya akan mendukung PAD Kota Ternate,” pungkasnya.

Kedatangan Tim UPTD Labkesda Sleman itu di sambut hangat Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fatia Suma, Kepala UPTD Labkesda Kota Ternate beserta staf. (Rls)