Beranda Maluku Utara Ribuan ASN dan PTT di Pemkot Ternate Ikut Apel Gabungan

Ribuan ASN dan PTT di Pemkot Ternate Ikut Apel Gabungan

38
0

TERNATE – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN)  dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Pemerintah Kota Ternate mengikuti apel gabungan di lapangan Ngaralamo Salero Kota Ternate Utara, Rabu 7/02/23.

Apel di pimpin langsung Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman M.Si., dan diikuti pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Sekolah.

Dalam apel tersebut Wali Kota mengatakan,  kewajiban Pemkot tentang pembayaran Honor PTT dan TTP ASN. Wali Kota tegas mengatakan semua harus terbayar, “Yang menjadi kebutuhan dan kewajiban sesegera mungkin dipenuhi” cetus Wali Kota.

Masih kata Wali Kota, menjadi ASN berakhlak harus diterapkan dalam lingkungan kerja seorang ASN. Ada nilai yang harus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kinerja kita sebagai ASN. Nilai yang dimaksud adalah kreatif. “Menghidupkan nilai kreatif itu penting. Karena dalam OPD masing-masing harus ada kreatifitas. Kreatifitas menunjang pekerjaan dan mempermudah pelayanan kita”, ucap Wali Kota.

Selain kreatif ada inovatif dari kreatif akan melahirkan inovasi. Wali Kota mengatakan   pendidikan dan latihan melahirkan inovasi yang harus diimplementasikan.

“Banyak inovasi yang dilahirkan dari Diklat PIM I dan II harus diwujudnyatakan, direalisasikan dalam kehidupan kita karena itu adalah hasil cipta kita. Apakah itu melalui amati, tiru dan modifikasi tetapi mau tidak mau itu adalah bagian dari inovasi yang kita hasilkan. “Jadi Pemkot Ternate  memberikan ruang yang seluas luasnya kepada para inovator untuk dipraktikkan dalam pemerintah Kota Ternate. Berikan ruang dan akses  yang seluas luasnya kepada inovator kita khususnya anak muda kita yang kebetulan saat ini menjadi bagian  dari ASN maupun PTT, sehingga melahirkan inovasi baik itu  di  bidang teknologi, informasi maupun di bidang yang lain sehingga melahirkan  kinerja untuk memperkuat OPD,”  jelas Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota mengatakan, ASN dan PTT adalah bagian dari masyarakat Kota Ternate, harus cepat tanggap atau responsif. Sebagai bagian dari masyarakat ASN dan PTT harus tanggap pada masalah sampah. “Sebagai bagian dari masyarakat, jangan apatis. Secepatnya harus tanggap ketika melihat sampah yang menumpuk, harus segera melapor kepada OPD terkait agar secepatnya di atasi”, imbau Wali Kota.

Lebih jauh dijelaskan Wali Kota tentang Integritas ASN. Wali Kota meminta agar ASN dan PTT Pemkot Ternate menjaga integritas karena tanpa disadari integritas menjadi pagar  untuk kita baik secara pribadi maupun  secara organisasi, pemerintah khususnya pemerintah Kota Ternate. “Nilai paling penting adalah integritas dengan menjaga integritas kita bisa menolak hal-hal yang justru akan menjadi bahaya bagi ASN di lingkungan OPD, kita bicarakan apapun, integritas menjadi nilai paling penting,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga mengingatkan  tentang  netralitas ASN jelang pemilihan Presiden yang akan berlangsung beberapa hari lagi. “Kita akan melaksanakan pencoblosan,  itu merupakan puncak dari seluruh proses  bagian kontestasi yang sedang berjalan beberapa bulan terakhir. Saudara-saudara sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, masyarakat Maluku Utara dan bagian masyarakat Ternate, kita berharap agar Pemilu kali ini berjalan damai, Pemilu kali ini harus berjalan betul-betul netral. Tugas kita adalah bagian dari penjaga NKRI. Jadi kita bertugas agar menjaga Pemilu ini berjalan dengan baik. Saudara-saudara harus datang menyalurkan hak, mencoblos sesuai hati nurani. Jaga kedamaian dan kesejukan, mudah-mudahkan Pemilu berjalan dengan baik sehingga kualitas demokrasi terjaga.”

Diakhir sambutan Wali Kota mengatakan, “Saya berterima kasih atas kehadiran saudara-saudara dalam apel gabungan pagi ini. Inilah yang disebut ASN Solid. Apapun yang menjadi tugas kita dapat berhasil kalau kita semua bersatu, demi terwujudnya Ternate Mandiri dan Berkeadilan,” tandas Wali Kota. (DW)