Beranda Maluku Utara Pemkot Ternate Berangkatkan 30 Orang Jemaah Umrah

Pemkot Ternate Berangkatkan 30 Orang Jemaah Umrah

1495
0

TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, melepas Jemaah Umrah Kota Ternate Tahun 2024 di Aula Dinas Pendidikan Kota Ternate, Kelurahan Maliaro. Senin (2/9/24).

Pelepasan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Perwakilan Usur Forkopimda Kota Ternate, Ketua MUI Kota Ternate Prof. Dr. H. Jubair Situmorang, Perwakilan Kementerian Agama, Asisten, Staf Ahli dan Sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkup Pemerintah Kota Ternate

Hi Muhammad Ichsan S.IP, M.Si  Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Ternate melaporkan bahwa terdapat 30 orang Jemaah yang akan diberangkatkan umrah tahun 2024.

“30 Jemaah yang diberangkatkan Umrah terdiri dari 7 jemaah perempuan dan 23 jemaah laki-laki, yang terdiri dari unsur pimpinan rumah ibadah yaitu Imam, Wakil Imam, Modin, Khatib, Marbot, dan Muadzin sebanyak 15 orang, 2 orang tokoh agama, 2 orang pengurus Majelis Taklim, 4 orang masyarakat kurang mampu, 2 orang penyandang disabilitas, 3 orang petugas kebersihan, dan 2 orang pendamping dari bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Ternate,” sebut Kabag Kesra.

Kabag juga mengungkapkan bahwa sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024. 

Sementara itu, Wali Kota, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, pada tahun 2024 ini, Pemkot Ternate menganggarkan dana untuk warga yang memenuhi kriteria untuk diberangkatkan umroh. 

“Saya berharap, mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi yang bisa diberangkatkan, terutama yang sudah lama menunggu atau berada di waiting list,” harap Wali Kota.

Wali Kota menceritakan bahwa salah satu Jemaah yang diberangkatkan hari ini terkenal sebagai pribadi yang sangat baik.

“Jadi, setiap bertemu dengan saya, beliau pasti mendoakan saya. Beliau juga sosok yang bertanggungjawab karena menghidupi saudara-saudaranya, beliau adalah salah satu contoh warga Kota Ternate yang tidak mengenal menyerah. Karena kebaikannya itu, dengan cara ini Allah mengabulkan niat beliau melalui Pemkot Ternate,” tandasnya.

Wali Kota menutup arahannya dengan mengucapkan selamat menjalankan ibadah umrah serta mendoakan para Jemaah. 

“Selamat menjalankan ibadah umrah, insya Allah para Jemaah sekalian selalu dalam keadaan sehat, dan dimohonkan untuk mendoakan Kota Ternate agar dijauhkan dari segala marabahaya,” tutupnya.

Usai sambutan, Wali Kota juga memberikan uang saku seraya mengucapkan selamat kepada para calon Jemaah Umroh. (Rls/Wr)