Beranda Maluku Utara Pertamina FT Baabullah Gelar Kolaborasi Pelatihan Dan Simulasi Bencana Gunung Api

Pertamina FT Baabullah Gelar Kolaborasi Pelatihan Dan Simulasi Bencana Gunung Api

271
0

TERNATE – Pertamina FT Babullah melalui program CSR, melakukan Pelatihan dan Simulasi Keadaan Darurat Bencana Erupsi Gunung Gamalama Serta Pembuatan SOP Kesiapsiagaan Tim Sigap dan TRC Kelurahan Tubo. Pelatihan ini diikuti sebanyak dua puluh (20) orang pemuda yang tergabung dalam Tim Relawan dari Kelurahan Tubo Kota Ternate Utara. Sabtu 21/9/24.

Pelatihan ini bertujuan agar  para pemuda siap dalam menghadapi bencana sehingga dapat mengurangi dampak atau resiko bencana.

Kegiatan pelatihan dan simulasi keadaan darurat bencana erupsi Gunung Gamalama berlangsung di kelurahan Tubo dan dibuka oleh Lurah Kelurahan Tubo, Rosita Soleman dengan narasumber dari BPBD Kota Ternate, Pos Gunung Api Gamalama dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia – Maluku Utara.

Salah satu narasumber Triyanto, Koordinator Pos Gunung Api Gamalama, menyampaikan materi terkait kondisi terkini Gunung Gamalama dan fungsi dari pos pemantauan gunung api sebagai pemberi informasi dan mitigasi terhadap bencana gunung api.

Sinki Anggriani – CDO Pertamina, mengatakan “Tujuan kegiatan ini agar kesiapsiagaan sejak dini di edukasi dan di latih dalam menghadapi bencana ke depan, sehingga upaya mengurangi nilai risiko bencana sebagai salah satu program CSR Pertamina FT Baabullah terrealisasi,” cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Winaryanto, AFT  Manager Pertamina Babullah juga mengatakan, “Pertamina FT Babullah di tahun 2022 sudah melakukan kegiatan terkait peningkatan kapasitas untuk kebencanaan, di antaranya pelatihan posko darurat dan penyediaan fasilitas kedaruratan saat bencana, berupa tenda, alat radio, alat pengeras suara,” jelasnya.

Menurutnya, hasil dari pelatihan dan simulasi, tim siaga dan tanggap bencana Tubo, adanya peta situasi, Peta jalur evakuasi, peta lokasi titik kumpul serta SOP Kesiapsiagaan Tim SIGAP dan Tim Reaksi Cepat Kelurahan Tubo.

Sementara Lurah Tubo Rosita Soleman, menyampaikan rasa terima kasihnya, “Terima kasih Pertamina FT Babullah kegiatan ini sangat penting dan bermaanfaat bagi kami terutama untuk pemuda di Kelurahan Tubo. Ini sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga kegiatan seperti ini terus berkelanjutan,” ungkap.

Sementara, Ketua IAGI Maluku Utara, Deddy Arief mengatakan, “Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan di semua kelurahan melalui kolaborasi lintas sektor, sehingga kapasitas dan pemahaman terkait bencana alam semakin baik dan upaya pengurangan resiko bencana, khususnya di kota Ternate semakin masif,” harap Deddy.   (Red)