Beranda Maluku Utara UMKM di 5 Kelurahan Terima Bantuan

UMKM di 5 Kelurahan Terima Bantuan

944
0

TERNATE – Lima (5) kelurahan di Kota Ternate  Selasa (10/09/24) mendapat bantuan. Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersumber dari Dana Kelurahan (DK) tahun anggaran 2024.

Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Stadion, Kelurahan Kota Baru, Kelurahan Kalumpang dan Kelurahan Takoma di Kecamatan Ternate Tengah, serta Kelurahan Tanah Tinggi Barat di Kecamatan Ternate Selatan.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa Dana Kelurahan ini dari dulu sampai saat ini,  modelnya mirip tapi tidak semuanya sama, “Dulu ketika saya jadi Lurah di Gamalama disebut Dana Subsidi dan berkembang terus sampai saat ini disebut dengan Dana Kelurahan,”

Wali Kota bilang, Dana Kelurahan ini adalah bagian dari Dana Alokasi Umum (DAU), anggaran di tahun 2024 khusus untuk dana kelurahan, saat ini proses untuk tahap satu sedang berjalan di semua kelurahan di Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kota Ternate.

“Tadi saya mendapatkan informasi dari pengelola Tara No Ate, dengan adanya kegiatan nasional Kompetisi Sains Masdrasah (KSM) dalam tiga hari saja, menghasilkan keuntungan hingga 400 juta. Sehingga para pelaku UMKM di Ternate memiliki peluang besar dalam mengembangkan usahanya, apalagi Ternate ini sering menjadi tuan rumah acara nasional” terang Wali Kota.

Menurutnya, dengan bantuan peralatan seperti oven, kompor, wajan, blender, mixer dan peralatan lainnya, kita bisa memperkuat UMKM yang ada di Kota Ternate.

Selain itu diserahkan juga alat-alat pertukangan, “Hampir setiap hari di Ternate ini ada pembangunan, artinya apa? terdapat peluang bagi para tukang atau kelompok pertukangan dan dengan peralatan yang diserahkan melalui bantuan yang diberikan oleh pemerintah, semoga dapat bermanfaat,” ungkap Wali Kota

Wali Kota Berharap alat pertukangan yang diserahkan dapat membantu mereka dalam usaha baik itu kecil maupun menengah.

“Manfaat dari ini ada juga nilai tambah bagi pendapatan para usaha kecil. Karena memang di Kota Ternate ini, konsep untuk perekonomian diarahkan pada jasa, yang mana termasuk jasa pertukangan yang mungkin saat ini lagi berkembang baik di kota Ternate,” harap Wali Kota.

Diketahui, di Kantor Kelurahan Tanah Tinggi Barat bantuan diserahkan kepada 26 pelaku usaha ditambah tempat pemandian jenazah untuk Masjid Al-Ikhlas RT 4 dan RT 3 di RW 2.

Kemudian di Kantor Lurah Stadion diserahkan bantuan perlengkapan prasmanan untuk 4 RW dan 20 tempat sampah untuk 8 RT.

Selanjutnya, di Kelurahan Kalumpang bantuan diberikan kepada 85 pelaku usaha ditambah dengan tempat sampah untuk RT dan RW. Sedangkan untuk Kelurahan Kota Baru di diserahkan bantuan pertukangan, perbengkelan dan industri rumahan. Dan yang terakhir di Kantor Kelurahan Takoma diserahkan bantuan untuk industri rumahan dan bantuan kursi untuk RT dan RW. (RD/WR)