Beranda Fashion Bukti Kain Batik Sudah Dilirik Dunia

Bukti Kain Batik Sudah Dilirik Dunia

157
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – DI Indonesia, kain Batik sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Sadar atau tidak, Batik sudah melekat dalam aspek kehidupan sehari-hari. Tidak hanya soal busana atau seragam bekerja, namun juga misalnya di rumah dimana peralatan di rumah mengenakan motif Batik.

Batik yang diresmikan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia sejak 2 Oktober 2009 ini adalah salah satu warisan budaya khas Indonesia yang paling populer secara global.

Sebagai tandanya bisa dilihat dari sekarang sudah banyak desainer kelas dunia yang menampilkan Batik dalam garis karya mereka. Misalnya desainer asal Belgia, Dries Van Noten, dan Nicole Miller dari Amerika.

Dries Van Noten, menggunakan motif Batik untuk rancangannya dalam koleksi Spring / Summer 2010 di gelaran Paris Fashion Week. Di sini ia menggunakan banyak motif kain Batik Indonesia yang ia buat dalam versi Batik printing.

img-20161002-wa0007

Selain Batik, Dries juga menghadirkan kain Tenun Ikat dan kain Songket dalam variasi outfit seperti dress, celana, blazer, hingga outerwear. Sedangkan desainer asal Amerika, Nicole Miller meluncurkan Resort Collection pada 2009 dengan mengusung konsep ‘Bali’ yang menghadirkan outfit rancangannya yang bermotif Batik Mega Mendung.

Nicole mengkombinasikan motif khas Bali dengan Batik Mega Mendung ini lewat kombinasi pattern Mega Mendung dengan motif kotak-kotak hitam putih seperti papan catur, dalam outfit seperti dress, kaftan, tunik, hingga aksesori topi.

Seperti dikutip Trendvogue, Minggu (2/10/2016) tahukah Anda bahwa Batik selain sering wara-wiri di pagelaran busana para desainer. Batik juga mendunia dikarenakan salah satu faktornya ialah banyak sosok selebriti dunia yang mengenakan busana Batik.

Sebut saja nama-nama seperti Paris Hilton, Jessica Alba, Rachel Bilson, Reese Witherspoon, Lenka, Adele, Adam Clayton sampai Nicole Richie. Tidak dipungkiri bahwa para selebriti ini juga ikut andil dalam mempopulerkan Batik untuk lingkup global.(okz)

Tinggalkan Balasan