Beranda Maluku Utara Penambahan Sarana Kesahatan, di Utamakan Untuk Pulau Terluar

Penambahan Sarana Kesahatan, di Utamakan Untuk Pulau Terluar

321
0
BAGIKAN
Kunjungan Walikota Ternate di Puskesmas Kelurahan Mayau Kecamatan Batang Dua baru-baru ini.

TERNATE – Selain Pendidikan, Kesehatan juga menjadi prioritas  Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Kesehatan, akan diusulkan penambahan sarana prasarana untuk Pusat Kesehatan  Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Mayau Kecamatan Batang Dua.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr Fathiya Suma kepada wartawan GamalamaNews.com, mengungkapkan alasan penambahan sarana prasarana itu adalah, untuk menunjang kapasitas peningkatan sehingga yang tadinya  berfungsi sebagai Puskesmas rawat jalan menjadi puskesmas rawat Inap. “Karena itu merupakan hal penting, kita menyusuaikan dengan peraturan Kemenkes nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas”, jelasnya.

Kata Fathiya, Puskesmas yang akan kita selenggarakan, harus puskesmas yang  terakreditasi, jadi aspek sarana dan prasarana, aspek ketenagaan, dan semua aspek harus memenuhi standar Permenkes tersebut.

“Insya-Allah 2018 kita mengusulkan sehingga pada 2019 sudah siap dilaksanakan”, ujar Fathyia.

Dia juga menambahkan Puskesmas kepulauan itu yang menjadi target pertama kita, untuk mendekatkan akses pelayanan masyarakat yang pulau-pulau terutama pulau terpencil dan terluar yaitu Kecamatan Moti, Hiri, dan Batang Dua.

Menjadi perhatian karena untuk di dalam kota Ternate aksesnya lebih muda untuk mereka menjangkau fasilitas rujukan, tetapi untuk di daerah kepulauan kita lebih menekankan pada akses pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas yang di pulau-pulau tersebut yaitu Puskesmas yang benar-benar untuk menjawab pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Menurut Fathiya, fasilitas mobile untuk di daratan mobil Pusling (Puskesmas Keliling) yang harus kita persiapkan dari segi kelengkapan fasilitas yang ada di dalamnya harus benar-benar memenuhi syarat sebagai mobil rujukan untuk kasus emergensi. Kemudian, untuk daerah laut kita akan perkuat dengan Pusling laut yang sudah di Pulau Moti, Hiri dan Batang Dua, tinggal kita melihat kelayakan daripada armada-armada yang akan menunjang. (HARI)