Beranda Maluku Utara Tim TEPRA Pemkot Ternate Resmi di Bentuk

Tim TEPRA Pemkot Ternate Resmi di Bentuk

289
0
BAGIKAN

TERNATE – Tim Realisasi Penyerapan Anggaran tahun 2017 (TEPRA) Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate resmi terbentuk. Tim yang dibentuk melalui SK Walikota Ternate ini dipercayakan kepada Sekda Kota Ternate DR M Tauhid Soleman M.Si, sebagai koordinator.

Kepala BPKAD Kota Ternate sebagai ketua dan Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Ternate sebagai sekretaris, sementara Walikota dan Wakil Walikota Ternate sebagai penanggung jawab.

Setelah terbentuk tim ini langsung action, dan menggelar rapat yang melibatkan seluruh SKPD dilingkup Pemkot Ternate di eksekutif room. Dimana tugas dari tim TEPRA ini adalah melakukan evaluasi dan monitoring terkait dengan penyerapan dan realisasi anggaran yang nantinya disampaikan ke LKPP, Kemendagri dan Wapres.

Sekretaris TEPRA yang juga Kabag Adbang Setda Kota Ternate Sutopo Abdullah mengatakan, rapat yang dilakukan itu dipimpin langsung oleh Sekda Kota Ternate DR M. Tauhid Soleman M.Si, dimana dalam rapat itu pihaknya mendapat arahan tugas yakni melakukan evalusai dan monitoring terkait dengan penyerapan anggaran dan realiasasi anggaran di seluruh SKPD, “Karena laporan ke LKPP maupun Kemendagri yang dibawahi langsung oleh Wapres, bahkan laporannya disampaikan paling lambat 5 sampai 15 bulan berjalan”, kata dia, Minggu (29/10).

Untuk itu kata dia, yang harus dilaksanakan oleh tim TEPRA adalah membuat laporan realisasi dan penyerapan anggaran, sampai pada kegiatan fisik dan saat ini pihaknya sudah mulai bekerja sesuai dengan target yang diminta,  dimana pada bulan November laporan triwulan tiga sudah harus di sampaikan, termasuk dua bulan terakhir yakni dan Oktober dan November untuk disampaikan ke LKPP, Kemendagri maupun ke Sekretariat TEPRA.

“Sampai saat ini sudah 60 persen SKPD yang menyampaikan realisasi anggaran maupun realisasi kegiatan fisik kepada TEPRA dan telah dilakukan verifikasi, bahkan kami memberikan batasan waktu penyampaian laporan mulai Januari sampai Oktober itu itu Senin (30/10/2017 ), yang akan dimasukan pada bulan November nanti”, jelasnya.

Dalam rapat itu juga kata Sutopo, Sekda juga meminta ke semua SKPD untuk dapat mendukung kerja-kerja dari tim yang telah dibentuk ini, bahkan tim juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan SKPD jika ada kendala terkait dengan realisasi dan pekerjaan fisik sehingga dapat diberikan solusi. “Mudah-mudahan tim ini dapat bekerja maksimal dan kedepannya bisa memenuhi target yang direncanakan. Dan suratnya telah disampaikan ke semua SKPD untuk nantinya mengisi daftar sesuai dengan tabel yang di siapkan”, katanya.

Menurut dia, dari laporan yang disampaikan SKPD ke tim serapan anggaran di Pemkot Ternate saat ini sudah diatas 70 persen realisasi keuangan maupun fisik. “Kita sudah mulai menginput data mudah-mudahan tanggal 5 sampai 10 November data dari Kota Ternate dapat disampaikan, sehingga kita bisa tahu angkanya dari bulan Januari sampai Oktober penyerapan anggarannya berapa besar, dan itu akan disampaikan sebelum penyampaian RAPBD ke DPRD”, terang dia. (PN/HT)