Beranda Halmahera Selatan Kapal Ikan Milik BUMN PT Perikanan Nusantara Diamankan Polisi

Kapal Ikan Milik BUMN PT Perikanan Nusantara Diamankan Polisi

446
0
BAGIKAN

TERNATE – Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara, mengamankan sebuah kapal penampung ikan tuna diperairan Kepulauan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan,Maluku Utara, karena tidak memiliki dokumen yang lengkap.

Saat penangkapan kapal sedang melakukan aktifitas pengangkutan ikan. Akibatnya kapal serta anak buah kapal langsung digiring dan diamankan di Pelabuhan Kawasi lalu digiring ke Pelabuhan Bastiong Ternate untuk menjalani proses pemeriksaan.

Saat diamankan petugas, kapal sedang melakukan aktifitas pengangkutan ikan jenis tuna disalah satu pelabuhan di Kecamatan Obi Selatan. Petugas langsung melakukan pemeriksaan dokumen kapal, namun Kapten Kapal, Ferdison Onari, tidak bisa menujukan dokumen kapal yang lengkap, hal tersebut diungkap Dir. Pol Air Kombes Pol Arif Budiwinova.

“Karena tidak memiliki dokumen lengkap, kapal bersama delapan anak buah kapal (ABK) langsung digiring petugas kepelabuhan Nusantara Bastiong Ternate untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut”.

Tambah Arif, selain mengamankan ABK, petugas juga mengamankan barang bukti berupa Kapal, Radio, kompas, GPS dan 8 Ton ikan tuna serta ikan cakalang.

Sementara Kapten Kapal, Ferdison Onari, mengaku dokumen kapal mereka lengkap, namun dibawa oleh rekannya untuk melakukan pelaporan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Halmahera Selatan, untuk proses keberangkatan mereka ke Bitung, Sulawesi Utara. HI