Beranda Halmahera Timur 145 Tenaga Kesehatan Ikut Bimtek Persiapan Ujian Kompetensi

145 Tenaga Kesehatan Ikut Bimtek Persiapan Ujian Kompetensi

615
0
Bimbingan teknis (Bimtek), dengan melibatkan 145 tenaga kesehatan di Kabupaten Halmahera Timur. (Foto: Istimewa)

MABA – Sebagai wujud meciptakan tenaga kesehatan yang lebih profesioanal dalam menjalankan tugas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), pada Kamis (10/10/2019), bertempat di ruang aula kantor Bupati. Menggelar Bimbingan teknis (Bimtek), dengan melibatkan 145 tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai Puskesmas se Haltim, guna mempersiapan ujian Kompentensi bagi tenaga kesehatan di Haltim.

Dalam sambutannya Bupati Halmahera Timur, yang diwakili Asisten III Bupati, Bidang Umum Tamrin Bahara, mengatakan kegiatan Bimtek seperti ini tidak semua Kabupaten Kota di Malut melaksanakan dan hanya dilakukan oleh Kabupaten Haltim.

“Apresiasi kepada Kadis Kesehatan, sehingga dapat terselenggara acara ini,” katanya.

Dikatakannya, sudah pastinya perhatian pemerintah daerah Haltim dalam bidang kesehatan sesuai visi dan misi Bupati sangat jelas. “Buktinya pemda anggarkan tahun ini untuk dilaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Sehingga itu, diharapkan kegiatan Bimtek ini harus diseriusi agar pengetahuan tentang kesehatan lebih luas dan akan bermanfaat.

“Harapannya kegiatan ini jangan hanya berakhir ditempat ini tetapi dapat dikembangkan sesuai ilmu yang dipelajari pada bimtek ini,” harapnya.

Sementra itu, Kadis Kesehatan Haltim dr Vita Sangadji mengatakan, dirinya sangat menyadari bahwa sebagian pegawai dan pegawai P3K, Dinas Kesehatan belum memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Sehingga itu untuk mempunyai STR harus melalui uji kompetensi.

“Di tahun-tahun sebelumnya pada pelayananan Profesi Bidan dan Perawat wajib untuk mendapatkan STR dan ini sesuai peraturan baru bagi seluruh tenaga kesehatan pun sudah wajib mempunya STR. Maka dengan latar ini dalam meningkatkan pelayanan mutu kesehatan perlu dilakukan bimtek,” cetusnya.

Vita berharap, kepada peserta yang memiliki kendala pada saat mengakses untuk mengikuti Bimtek di Ternate ataupun di luar Maluku Utara, maka melalui bimtek ini harus betul-betul serius untuk persiapan uji kompetensi secara online.

Untuk diketahui, peserta terdiri dari pegawai sukarela, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan sebagian ASN di 16 Puskesmas se Halmahera Timur dan Dinas Kesehatan, sementara pemateri didatangkan dari Poltekes Ternate. (Dhy)