Beranda Maluku Utara Peringati  HPN Pijar Malut Gandeng Humas Polda Malut, Polres Ternate dan Direktur...

Peringati  HPN Pijar Malut Gandeng Humas Polda Malut, Polres Ternate dan Direktur Kriminal Lakukan Ziarah

107
0
BAGIKAN
Suasana ziarah di salah satu makam wartawan senior. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN)  yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2020, Perhimpunan Jurnalis (Pijar) Hukum Maluku Utara, bersama Humas Polda Malut dan Humas Polres Ternate serta Direktur Kriminal Umum, melakukan ziarah di makam para jurnalis senior yang telah wafat.

Ziarah dilakukan di makam Almarhum Tedja Jamaludin sebagai pendiri Cermin Reformasi, Almarhum Burhanudin Arsyad wartawan Metro TV, Almarhum Hasan Luhulima wartawan Trans7, Almarhum Hasan Wahidin wartawan RRI, Almarhum Hi. Abubakar Alhadar mantan Kepala RRI, Almarhum Asagaf Yahya wartawan RRI dan Antara, Almarhum  Abdurahman Samiun, mantan Pemred Semut dan Aspirasi, almarhum Yakup Manopo wartawan Antara, almarhum Muhammad Ganda wartawan RRI, dan almarhum Rosmina Umanailo wartawan Cermin Reformasi dan Posko Malut.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan usai ziarah kepada wartawan mengatakan, “Untuk moment hari ini merupakan moment yang sangat luar biasa, dimana kita akan kirimkan doa dan tabur bunga kepada almarhum wartawan kita di Maluku Utara yang telah mendahului kita semua. Apalagi di 9 Februari 2020 ini merupakan hari puncak wartawan, tentu momen ini akan dimanfaatkan oleh rekan-rekan yang ada untuk melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan salah satunya ziarah di makam pada hari ini, dengan cara berdoa kepada senior-senior wartawan yang telah mendahului tentu para junior untuk bisa  mengambil nilai-nilai yang positif dari senior wartawan yang sudah mendahului,” tuturnya.

Kabid Humas juga menyampaikan, dengan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang positif dan patut untuk dikembangkan sehingga keberadaan pers bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas, tentu akan menjadi edukasi kepada masyarakat terletak di rekan-rekan pers untuk bisa menyampaikan informasi yang lebih luas.

Terpisah, Ketua Pijar Hukum Malut, Hasby Conoras menyampaikan, untuk pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya bentuk kepedulian terhadap  wartawan senior di Malut.

“Kunjungan ke makam para jurnalis yang ada di Kota Ternate dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional. Kami  bersama Humas Polda, Polres Ternate dan Dirkrimum bersama-sama mengirimkan doa dan menaburkan bunga,” ungkap Hasbi.

Ia berharap, “Pada HPN ini pers di Maluku Utara kedepan lebih baik dan profesional, karena peran pers sangat penting dalam pembangunan demokrasi di Malut,” tandasnya. (HI)