Beranda Maluku Utara Burhan Abdurrahman Siap Jadi Cagub

Burhan Abdurrahman Siap Jadi Cagub

444
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Teka-teki maju tidaknya Walikota Ternate Dr H Burhan Abdurrahman untuk  bertarung di pilgub Malut 2018 nanti  akhirnya terjawab.

Usai melaksanakan jiarah di makam kakeknya jumat (31/03/17), orang nomor satu di Kota Ternate itu menyatakan tekadnya maju  sebagai calon Gubernur Provinsi Maluku Utara periode 2018-2023.

Walikota Ternate dua periode itu menyatakan siap untuk maju sebagai cagub usai sholat Jumat di masjid Nurul Bahar Kelurahan Tomalou kota Tidore Kepulauan Jumat (31/3). Pada kesempatan tersebut, hadir pula, Sultan Tidore Husain Sjah, mantan Walikota Tidore, Ahmad Mahifa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pengurus Masjid Agung Nurul Bahar serta ratusan masyarakat di kota Tidore Kepulauan.

Diawal penyampaiannya, Burhan yang juga ketua Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Maluku Utara memaparkan tradisi babari (gotong-royong) yang selama ini menjadi budaya di kalangan masyarakat Maluku Utara terutama masyarakat Tidore. “Kita sudah membangun 185 rumah warga kurang mampu di hampir seluruh wilayah Maluku Utara. Di Tobelo ada 2 rumah, di Bacan 2 rumah, di Morotai 2 rumah, di Tidore 2 rumah, di Sanana 3 rumah dan di Ternate,” papar Burhan.

Budaya ini, kata Burhan harus tetap dijaga, sehingga kearifan lokal tetap terpelihara. “Barifola yang dilaksanakan oleh masyarakat Tidore melalui IKT adalah sebuah gerakan kemanusiaan yang unik, karena kalau perusahan, pemerintah atau pengusaha yang membangunan itu hal yang biasa, tetapi yang dilakukan IKT adalah orang kurang mampu membantu orang kurang mampu,” ungkapnya sembari merinci sejumlah tokoh negara yang telah menyerahkan kunci rumah yang dibangun oleh IKT.

Diakhir penyampaiannya, Burhan yang juga ketua ICMI Malut itu menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon gubernur Maluku Utara periode 2018-2023. “Insya Allah, saya maju pada pemilihan gubernur Maluku Utara” ucap Burhan yang langsung  disambut takbir oleh seluruh  jamaah yang hadir.

Ia juga meminta dukungan seluruh masyarakat Tomalou dan Tidore serta masyarakat Maluku Utara untuk memberi restu dan doanya untuk maju sebagai gubernur Maluku Utara, “saya berharap, masyarakat Tomalou, warga Kota Tidore serta masyarakat Maluku Utara mendukung dan memberikan doa restunya untuk saya maju sebagai gubernur Maluku Utara,” tutup Burhan.(bento)