Beranda Hukrim Dua Kapal Asing Meledak di Perairan Ternate

Dua Kapal Asing Meledak di Perairan Ternate

387
0
BAGIKAN
Kapal Asing yang diledakkan siang tadi (01/0417)

GN-Ternate, Dua kapal asing berbendera Philipina diledakkan Lanal Ternate di perairan antara Pulau Tidore dan Ternate pada hari sabtu (1/04/17) siang.

Tepat pukul 12.10 Wit, dentuman ledakkan itu, terdengar hingga ke daratan.

Melalui teleconference dan video streaming, komando peledakan berada di tangan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Susi Pujiastuti yang siang tadi berada di Ambon Provinsi Maluku.

Menurut Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Rizaldi, “sebelumnya deportasi terhadap   4 orang  nahkoda dan 54 abk ke negara asal mereka sudah dilakukan, penenggelaman  kapal ini adalah pelaksanaan inkrah untuk kepentingan Negara”

Lanjutnya, “kami selanjutnya akan memasang pelampung di sekitar lokasi kapal tengggelam dan memastikan bahwa bangkai kapal tidak akan terapung dan mengganggu jalur navigasi pelayaran di Ternate. Rencananya masih ada dua kapal lagi yang akan segera ditenggelamkan menunggu instruksi lebih lanjut” paparnya dihadapan puluhan awak media yang ikut meliput  penenggelaman kapal tersebut.

Kapal asing yang diledakkan siang tadi adalah FD Russel 105  gt dan FD  Yanred 291, 88 GT,  kedua kapal di tenggelamkan dengan cara diledakkan di tengah laut.

Peledakan kapal asing yang ditangkap pada tahun 2016 karena melakukan ilegal fishing di perairan Maluku Utara tersebut, dikawal ketat dua kapal operasi tempur milik TNI AL yang didatangkan ke Ternate.

Sejumlah Muspida baik dari Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate, turut hadir menyaksikan Penenggelaman kapal tersebut. (wD)