Beranda Advetorial Konsep Segitiga Emas Jadi Pilot Poject JKPI

Konsep Segitiga Emas Jadi Pilot Poject JKPI

578
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-BALI, Kerjasama segitiga emas yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Pemkot Tidore dan Kabupaten Halmahera Barat, di bidang pariwisata, perindustrian dan perdagangan serta investasi, mendapat apresiasi dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Direktur Eksekutif JKPI, Anang Asfarinal, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI ke-VI tahun 2017 yang dipusatkan di Lapangan Astina Kabupaten Gianyar, Bali, mengemukakan, salah satu kegiatan yang dilakukan tiga daerah di Maluku Utara, dapat dijadikan pilot project konsep kerjasama JKPI yang terdiri dari 58 Kabupaten/Kota anggota JKPI.

Selain kerjasama di bidang pariwisata, perdagangan, perindustrian dan pertanian, kerjasama ini juga telah diimplementasikan dalam penempatan sekreteriat bersama di kantor JKPI Jakarta.

“Ketiga daerah ini sudah memiliki kantor yang representatif di sekretariat JKPI dan kebetulan sekali, kantor JKPI berada di ring 1 sehingga memudahkan anggota JKPI ini untuk berkonsultasi ataupun berkoordinasi dengan beberapa kementerian yang kantornya berdekatan,” ujar Anang dihadapan peserta Rakernas JKPI.

Sementara itu, Ketua Presidium JKPI yang juga Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata, memberikan apresiasi atas kerjasama tiga Kabupaten/Kota di Maluku Utara dalam berbagai bidang.
“Kami memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Barat, dalam mempromosikan seni budaya, kerajinan lokal dan promosi pariwisata di Kabupaten Gianyar,” kata Bupati.

Selain promosi, kata Bupati, Pemkab Gianyar juga memberikan kesempatan kepada tiga daerah di Maluku Utara untuk membuka etalase sebagai tourism office di Gianyar, “sebagai perwakilan untuk mempromosikan seni budaya, potensi wisata dan hasil kerajinan dari UMKM pada tiga daerah yakni Kota Ternate, Kota Tidore dan Kabupaten Halmahera Barat untuk bersinergi dalam upaya mempromosikan potensi daerah” ujarnya.

Selain tiga daerah di Maluku Utara, Kabupaten Gianyar juga memberikan kesempatan kepada semua anggota JKPI untuk mempromosikan potensi daerah dalam bentuk media promosi, baik berupa spanduk, baliho maupun media promosi lainnya, “kita juga memberikan kesempatan kepada seluruh anggota JKPI untuk memasang media promosi pada lokasi-lokasi strategis di objek wisata Kabupaten Gianyar,” pungkasnya.

Dalam Rakernas JKPI ke-VI tahun 2017, Ketua Presidium JKPI, Anak Agung Gede Agung didampingi Direktur Eksekutif, Anang Asfarizal, menyerahkan Surat Keputusan (SK) bagi 6 Kabupaten/Kota anggota baru JKPI. (Bento)