Beranda Advetorial Festival Nasi Jaha

Festival Nasi Jaha

637
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com–Ternate,
Festival Nasi Jaha resmi dibuka Walikota Ternate Dr H Burhan Abdurrahman, SH MM, Rabu siang  (17/5/2017). Festival Nasi Jaha di selenggarakan  di taman Moya Mabuku  Kelurahan Moya Kota Ternate Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Ternate, Forkompinda Kota Ternate, Direktur Garuda cabang Ternate, para pimpinan SKPD, para lurah se-kecamatan Ternate Tengah serta masyarakat di kelurahan Moya dan sekitarnya.

Nasi jaha, Makanan khas Ternate (foto:WD)

Ketua panitia pelaksana Festival Nasi Jaha, Syaifudin Kharie dalam laporannya mengatakan, Festival Nasi Jaha yang dilaksanakan oleh Kecamatan Ternate Tengah, merupakan partisipasi dari seluruh lurah di Ternate Tengah dan masyarakat Moya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Nasi Jaha sebagai makanan khas kota Ternate. “Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota (Pemkot) ke-18 tahun 2017,” kata Syaifudin.
Selain itu, kata dia, Festival Nasi Jaha yang dipusatkan di Taman Moya Mabuku, merupakan bentuk promosi salah satu objek pariwisata di kota Ternate.

“Festival Nasi Jaha ini merupakan bentuk promosi Nasi Jaha sebagai ciri khas makanan Ternate, selain itu juga mempromosikan taman Moya Mabuku dan sebagai ajang silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat,” kata Syaifudin dalam laporannya.
Dikatakan, setidaknya ada 7500 potong Nasi Jaha yang disiapkan panitia untuk ajang Festival yang dirancang untuk menjadi agenda rutin Pemkot.

Sementara itu, Walikota Ternate, Dr H Burhan Abdurrahman, SH MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia pelaksana dan masyarakat Moya atas pelaksanaan Festival Nasi Jaha.

Menurutnya, kegiatan atau event untuk mengangkat potensi wisata harus terus dikembangkan, sebab Ternate merupakan kota jasa, perdagangan dan kota wisata.

“Event yang mengangkat nama Ternate di nusantara bahkan di dunia harus terus dilaksanakan, sehingga orang tertarik untuk datang ke Ternate,” kata walikota.

Lanjutnya, pemerintah terus berupaya untuk memformulasikan berbagai event yang bertujuan mendatangkan wisatawan baik lokal maupun internasional ke Ternate.
“Memang sudah ada bebebrapa event yang dilaksanakan, namun kedepan, event-event ini akan diatur menjadi event tetap dan dikemas lebih baik dan lebih menarik,” harapnya.

Kota Ternate, memiliki potensi wisata sejarah dan wisata alam, ”Ternate memiliki Kesultanan, Ternate memiliki benteng peninggalan Portogis, Belanda dan Spanyol, potensi wisata di Ternate tidak bisa dibandingkan dengan potensi di wilayah lain,” ungkap walikota.

Untuk itu, walikota meminta semua pihak untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban kota Ternate, “salah satunya adalah menjaga agar supaya daerah ini aman, nyaman. Mari kita secara bersama-sama menciptakan Ternate hijau, Ternate cerdas, Ternate aman dan nyaman,” ajak walikota.

Diakhir sambutannya, walikota meminta semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan visi misi Ternate, agar membawa dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Nasi Jaha atau dikenal dengan nama nasi bambu, merupakan salah satu makanan khas masyarakat Ternate, yang cukup banyak penggemarnya. Makanan khas tersebut sangat enak disajikan dengan teh hangat, dan lauk ikan fufu. (Bento)